PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT BERPENGARUH TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PERUSAHAAN (Studi kasus pada PT Telekomunikasi Indonesia International )

Widyatama Repository

PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT BERPENGARUH TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PERUSAHAAN (Studi kasus pada PT Telekomunikasi Indonesia International )

Show full item record

Title: PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT BERPENGARUH TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PERUSAHAAN (Studi kasus pada PT Telekomunikasi Indonesia International )
Author: Wantika, Eka
Abstract: Saat ini iklim usaha di Indonesia penuh dengan persaingan, tak terkecuali dalam bidang telekomunikasi ketika antar perusahaan yang menawarkan jasa komunikasi saling i - viiiii – bersaing memberikan yang terbaik dari produknya untuk merebut tempat di hati masyarakat, dalam hal ini kualitas memegang peranan yang sangat penting. Agar perusahaan dapat menghasilkan barang dan jasa yang berkualitas tinggi, memiliki competitive advantage, dan peningkatkan produktivitas, perusahaan harus mempunyai suatu strategi yang tepat untuk permasalahan tersebut. Penerapan Total Quality Management diharapkan menjadi suatu solusi untuk permasalahan di atas karena perspektif Total Quality Management terhadap kepuasan pelanggan pada hakikatnya adalah bahwa pelanggan merupakan penilai terakhir dari kualitas sehingga prioritas utama dalam jaminan kualitas adalah memiliki alat yang handal mengenai penilaian konsumen terhadap perusahaan, selain itu Total Quality Management merupakan konsep yang jauh lebih luas yang tidak hanya menekankan pada aspek hasil tetapi juga kualitas manusia dan kualitas prosesnya. Masalahnya adalah apakah suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi ini dapat secara konsisten diterapkan pada perusahaan dengan perbaikan yang terus menerus atas produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungannya? Sehingga salah satu dampaknya adalah terjadinya peningkatan pada pendapatan perusahaan. Seperti yang telah dikemukakan di atas peneliti melakukan penelitian pada salah satu perusahaan telekomunikasi di Bandung yaitu PT Telekomunikasi Indonesia International. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kememadaian penerapan Total Quality Management berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan pada salah satu perusahaan telekomunikasi. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan metode komparatif yang bersifat ex post facto. Artinya data yang dikumpulkan setelah semua kejadian yang dikumpulkan telah selesai berlangsung, sehingga peneliti dapat melihat akibat dari suatu fenomena dan menguji hubungan sebab akibat dari data yang tersedia. Setelah data diperoleh, dilakukan analisis untuk diambil suatu kesimpulan. Data yang dibutuhkan untuk penelitian diperoleh melalui wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat diambil suatu kesimpulan bahwa penerapan Total Quality Management pada PT Telekomunikasi Indonesia International telah memadai dibuktikan dengan adanya Keputusan Direksi yang berisi proses bisnis pengelolaan perusahaan dan arah pengelolaan perusahaan ke depan telah sesuai dengan konsep Total Quality Management yang memadai serta kinerja keuangan perusahaan yang terus meningkat secara signifikan dalam 3 tahun berturut-turut , kemudian didukung dengan hasil perhitungan persentase jawaban pertanyaan dalam kuesioner untuk variabel independen sebesar 93.6 % berdasarkan ketentuan yang dikemukakan oleh Champion, angka 93.6 % berada pada persentase 76% - 100% berarti penerapan Total Quality Management sangat efektif dan untuk variabel dependen sebesar 86.67 % berada pada presentase 76% - 100% bahwa terjadi peningkatan pendapatan perusahaan yang besar, dapat disimpulkan bahwa “ Penerapan Total Quality Management yang memadai berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan. ”
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2921
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 27.12Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 60.54Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 40.90Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 53.26Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 63.08Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 105.3Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 309.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 89.08Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 30.56Kb PDF View/Open
Lampiran.pdf 195.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record