HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN BROADBAND AKSES INTERNET SPEEDY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SPEEDY DI PT. TELKOM BANDUNG TIMUR

Widyatama Repository

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN BROADBAND AKSES INTERNET SPEEDY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SPEEDY DI PT. TELKOM BANDUNG TIMUR

Show full item record

Title: HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN BROADBAND AKSES INTERNET SPEEDY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SPEEDY DI PT. TELKOM BANDUNG TIMUR
Author: Sauqi, Akbar Adiat
Abstract: Pada jaman modern ini terdapat dua kekuatan besar yang mendasari laju pertumbuhan ekonomi, yaitu teknologi dan informasi.Kedua kekuatan tersebut menjadikan persaingan antara perusahaan baik nasional maupun internasional semakin ketat yang mendorong terjadinya pengemembangan kualitas pelayanan (service quality).Seiring berkembanya zaman keinginan pelanggan akan kemudahan meningkat, yang merubah kebiasaan pelanggan dari biasanya mengkonsumsi informasi lewat media cetak berubah ke media elektronik. Internet menjadi pilihan utama masyarakat untuk mencari kebutuhan akan informasi, perilaku ini menjadi peluangusaha untuk para pembisnis dalam menjalankan bisnisnya. Salah satu penyedia layanan akses internet adalah PT. Telekomunikasi Indonesia dengan produknya Speedy yang sadar betul bahwa kualitas pelayanan (service quality) adalah senjata utama usahanya dalam meningkatkan daya saingm engingat tidakhanya PT. Telkom yang bermain pada segmen ini.Perusahaan harus berusaha memberikan kualitas pelayanan yang terbaik dengan harapan tercapainya kepuasan konsumen yang berimbas pada loyalitas dari pelanggan Telkom speedy. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode explanatory.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tanggapan pelanggan terhadap kualitas pelayanan PT. Telkom dengan produknya Speedy di Bandung Timur, untuk menganalisis tingkat loyalitas pelanggan pada kualitas pelayanan Telkom Speedy, dan untuk menganalisis seberapa besar Hubungan Kualitas Pelayanan Broadband Akses Internet Speedy Terhadap Loyalitas Pelanggan PT.Telkom di Bandung Timur. Tanggapan pelanggan terhadap kualitas pelayanan yang dilakukan oleh PT. Telkom Bandung Timur memiliki nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,60 yang artinya baik karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Hal ini tentunya pelayanan yang unggul memiliki sasaran dan manfaat yang berguna bagi PT. Telkom.Tanggapan responden terhadap loyalitas pelanggan Telkom speedy di Bandung Timur diperoleh hasil nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,65 yang artinya baik karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Hal ini menunjukkan bahwa pelanggan puas dengan kualitas pelayanan yang di berikan oleh Telkom Speedy di Bandung Timur yang berimbas terhadap loyalitas dari pelanggannya. Kualitas pelayanan broadband akses internet berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan PT. Telkom di Bandung Timur berdasarkan hasilperhitungan korelasi Rank Spearman, maka diperoleh nilai rs sebesar 0,565.Karena nilai rs berada diantara 0,40 – 0,599 maka hubungan antara kualitas pelayanan dengan loyalitas pelanggan dapat dinyatakan cukup kuat. Besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Telkom Speedy sebesar 31,9% dan sisanya 68,1% dipengaruhi oleh faktor lainya yang tidak diteliti oleh penulis misalnya, kebijakanharga, paket bundling, perilaku konsumen dan lain-lain. Dari perhitungan uji t, bahwa t hitung = 6.746 lebih besar dari t table = 0,195 ini berarti Ho ditolak dan H1 diterima, maka kualitas pelayanan memiliki hubungan yang positif dengan loyalitas pelanggan pada Telkom Speedy di Bandung Timur. Hal ini berarti hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2919
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 26.69Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 226.4Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 147.7Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 208.2Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 225.6Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 589.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 262.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 159.4Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 98.15Kb PDF View/Open
Lampiran.pdf 995.5Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record