PENGARUH RETURN ON ASSETS (ROA), RETURN ON EQUITY (ROE) DAN EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) (Studi Kasus Pada Sektor Makanan Dan Minuman)

Widyatama Repository

PENGARUH RETURN ON ASSETS (ROA), RETURN ON EQUITY (ROE) DAN EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) (Studi Kasus Pada Sektor Makanan Dan Minuman)

Show full item record

Title: PENGARUH RETURN ON ASSETS (ROA), RETURN ON EQUITY (ROE) DAN EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) (Studi Kasus Pada Sektor Makanan Dan Minuman)
Author: Santoso, Feri Sanjaya
Abstract: Harga saham perusahaan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Perubahan harga saham sangat berpengaruh terhadap kelangsungan perusahaan, khususnya dalam pencapaian tujuan jangka pendek dan jangka panjang perusahaan, yaitu memperoleh laba yang maksimal dan memaksimumkan nilai perusahaan dimana nilai perusahaan dapat dicerminkan oleh harga sahamnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan profitabilitas pada industri makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2011, untuk mengetahui perkembangan harga saham pada industri makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2011 dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh profitabilitas terhadap harga saham pada industri makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2011 baik secara simultan maupun parsial. Penelitian dengan judul Pengaruh Rasio Profitabilitas terhadap Harga Saham pada Perusahaan Industri Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2011. Dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Alat statistik menggunakan analisis uji korelasi, uji koefisien determinasi, analisis regresi, serta uji hipotesis yang dilakukan secara parsial dan simultan. Hasil penelitian menunjukkan profitabilitas secara simultan yang diukur dengan ROA dan ROE menunjukkan hubungan yang cukup kuat dan EPS memiliki hubungan yang kuat terhadap harga saham pada industri makanan dan minuman di bursa efek Indonesia periode 2007-2011. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara profitabilitas terhadap harga saham secara simultan karena nilai Fhitung > Ftabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak. Pengujian hipotesis secara parsial bahwa profitabilitas (ROA, ROE dan EPS) berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham karena thitung ttabel dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2879
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 108.2Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 115.3Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 29.50Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 32.84Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 147.1Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 290.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 705.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 125.4Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 116.9Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record