PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PT. KERETA API INDONESIA (PT. KAI) PERSERO TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi kasus KA Eksekutif Argo Parahyangan)

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PT. KERETA API INDONESIA (PT. KAI) PERSERO TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi kasus KA Eksekutif Argo Parahyangan)

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PT. KERETA API INDONESIA (PT. KAI) PERSERO TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi kasus KA Eksekutif Argo Parahyangan)
Author: Yulian, Mochamad Rizki
Abstract: PT. Kereta Api Indonesia (Persero) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelayanan angkutan darat. Salah satu lini Kereta yang dioprasikan di Statsiun Besar Bandung adalah Kereta Api Eksekutif Argo Parahyangan. KA Argo Parahyangan adalah KA yang mengangkut menumpang dengan tujuan Bandung-Jakarta dan Jakarta-Bandung Dalam penelitian ini penulis mengambil judul “Pengaruh Kualitas Pelayanan PT. Kereta Api Indonesia (PT. KAI) Persero Terhadap Kepuasan Konsumen KA Eksekutif Argo Parahyangan.” Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah mengetahui kualitas jasa yang diberikan PT. KAI pada konsumen KA Eksekutif Argo Parahyangan dan pengaruh kualitas jasa terhadap kepuasan konsumen KA Argo Parahyangan. Penulis menyebarkan kuisioner pada 125 orang responden terhadap konsumen yang menggunakan KA Eksekutif Argo Parahyangan. Dari hasil oenelitian bahwa tanggaoan konsumen atas kualitas jasa dan kepuasan konsumen adalah baik, yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata secara keseluruhan atas pernyataan responden berada pada interval 3,40 – 4,19. Berdasarkan hasil perhitungan Koefisien Korelasi Rank Spearman Kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan konsumen (Y) pada KA Eksekutif Argo Parahyangan, yaitu sebesar 0,701. Kesimpulan statistiknya, terdapat hubungan yang kuat, positif, dan searah antara Kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan pelanggan (Y) pada KA Eksekutif Argo Parahyangan. Koefisien Determinasi (Kd) adalah sebesar 49,14% mempunyai arti bahwa Kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan pelanggan (Y) pada KA Eksekutif Argo Parahyangan adalah 49,14%, sedangkan sisanya sebesar 50,86% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Dari hasil output SPSS, diperoleh ttabel = 1,6573. Dari hasil perhitungan menunjukkan Thitung lebih besar daripada ttabel yaitu thitung = 10,90 > 1.66. Sehingga, hipotesis yang penulis buat dapat diterima, artinya hipotesis penulis terdukung oleh fakta-fakta dilapangan. Pernyataan hipotesis “Kualitas pelayanan yang diberikan PT. Kereta Api (PT. KAI) (Persero) berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen Argo Parahyangan.” Dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2874
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 96.25Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 107.1Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 257.8Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 401.3Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 191.1Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 304.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 362.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 282.7Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 31.94Kb PDF View/Open
Lampiran.pdf 741.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record