PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN ( Studi kasus pada Layanan Listrik Prabayar di PT. PLN Area Bandung )

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN ( Studi kasus pada Layanan Listrik Prabayar di PT. PLN Area Bandung )

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN ( Studi kasus pada Layanan Listrik Prabayar di PT. PLN Area Bandung )
Author: Tawakkal, M. Iqbal
Abstract: Skripsi ini dibuat dengan judul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen” (Studi kasus pada Layanan Listrik Prabayar di PT. PLN (Persero) Area Bandung)”, disusun oleh Mohammad Iqbal Tawakkal (0207299), dibimbing oleh Bapak Ismail Solihin, S.E., M.Si., sebagai Dosen Pembimbing. Yang menjadi objek penelitian ini adalah konsumen pemakai jasa listrik prabayar pada PT. PLN (Persero) Area Bandung yang berlokasi di Jl. Soekarno Hatta No. 436 Bandung 40255. Tujuan penulis mengadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan yang dilakukan oleh PT. PLN (Persero) Area Bandung dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan yang dilakukan PT. PLN (Persero) Area Bandung terhadap kepuasan konsumen pemakai jasa listrik prabayar. Adapun hipotesis yang diajukan dalam penyusunan skripsi ini adalah “Kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen pemakai jasa listrik prabayar pada PT. PLN (Persero) Area Bandung”. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam melakukan penelitian ini adalah metode explanatory yaitu suatu metode yang berguna untuk menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis (Nazir, 2003;64) survey dilakukan dengan cara mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data. Untuk mendukung metode tersebut, teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah penelitian pustaka dan penelitian lapangan, guna memperoleh data primer dengan cara menyebarkan angket (kuesioner). Sampel yang diambil adalah sebanyak 100 orang konsumen pemakai jasa listrik prabayar pada PT. PLN (Persero) Area Bandung. Untuk menganalisis data-data yang penulis dapatkan dari pihak perusahaan, maka selanjutnya penulis melakukan perhitungan dengan menggunakan perhitungan statistik. Adapun analisis korelasi bertujuan untuk mengetahui erat (kuat atau lemahnya) dan arah hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen. Analisis koefisien determinasi menghasilkan 58,67%. Artinya kepuasan konsumen pemakai jasa listrik prabayar dipengaruhi sebesar 58,67 % oleh kualitas pelayanan sedangkan sisanya 41,33 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diukur oleh penulis. Berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan, ternyata t hitung = 11,79 > t tabel = 1,633 yang berarti terdapat hubungan yang positif antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen, sehingga hipotesis yang diajukan penulis adalah “Kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen pada PT. PLN (Persero) Area Bandung”, dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2872
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 26.47Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 28.43Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 153.5Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 204.3Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 253.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 235.2Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record