ANALISIS PERBEDAAN TANGGAPAN KONSUMEN ATAS KINERJA PERIKLANAN SMARTFREN dan ESIA DI MEDIA TELEVISI

Widyatama Repository

ANALISIS PERBEDAAN TANGGAPAN KONSUMEN ATAS KINERJA PERIKLANAN SMARTFREN dan ESIA DI MEDIA TELEVISI

Show full item record

Title: ANALISIS PERBEDAAN TANGGAPAN KONSUMEN ATAS KINERJA PERIKLANAN SMARTFREN dan ESIA DI MEDIA TELEVISI
Author: Sentosa, Ikhsan
Abstract: Analisis Perbedaan Tanggapan Konsumen Atas Kinerja Periklan Smartfren Dan Esia Media Ditelevisi Ikhsan Sentosa (ikhsan.sentosa@widyatama.ac.id) Program Studi S1 Manajemen Fakultas Bisnis dan Manajemen Kegiatan promosi industri telekomunikasi seluler di Indonesia sangat berkembang pesat setiap tahunnya. Salah satu alat promosi yang banyak dipakai oleh perusahaan adalah iklan, mulai dari iklan di media cetak dan elektronik. Iklan ditelevisi adalah salah satu cara perusahaan dalam memperkenalkan produknya. Dunia periklanan operator seluler sudah mulai menampilkan iklan-iklan yang menarik dan kreatif. Dengan iklan yang menarik akan membuat konsumen ingin mengetahui tentang produk yang diiklankan salah satunya adalah Smartfren dan Esia. Fenomena dimana iklan-iklan yang ditampilkan ditelevisi yang menampilkan konsep yang bervariasi seperti cerita yang menarik, memakai model dari kalangan artis yang terkenal dan menciptakan jingle yang mudah diingat oleh konsumen. Semua cara tersebut dilakukan oleh Smartfren dan Esia dalam menyampaikan pesan dari produk mereka. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan penyebaran kuesioner kepada mahasiswaa Universitas Widyatama. Dengan jumlah populasi mahasiswanya adalah 2129 orang, hasil perhitungan mengambil sampel sebanyak 96 orang responden dengan menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan verifikatif dengan variabel bebas adalah iklan ditelevisi (X). Untuk kegiatan pelaksanaan periklanan kartu seluler Smartfren dapat dikatakan sangat baik (sangat setuju) karena nilai rata-rata dari keseluruhan pernyataan adalah sebesar 4.33 berada pada interval 4.20 – 5.00. Sedangkan pada kartu Esia apa dikatakan juga sangat baik, bahkan melebihi dari kartu Smartfren yaitu denga rata-rata nilai 4.47 berada pada interval 4.20 – 5.00. Hasil kuesioner menyebutkan terdapat penilaian yang berbeda-beda untuk kedua kartu seluler tersebut. Dari tabel test statistik diperoleh p-value uji Kruskall-Wallis secara keseluruhan sebesar 0.000 < 0.05 artinya hipotesis H0 ditolak sehingga benar bahwa terdapat perbedaan yang signifikan secara keseluruhan menurut responden dari kedua kartu seluler cdma dimana kartu seluler cdma Smartfren memperoleh nilai tertinggi dibandingkan operator yang lainnya secara keseluruhan. Rata-rata rangking untuk iklan Esia sebesar 153.74, Smartfren adalah 175.02. Dimana terdapat perbedaan dibagian jam tayang.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2866
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 90.55Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 48.11Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 101.4Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 152.4Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 240.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 200.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 51.03Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 68.52Kb PDF View/Open
Lampiran.pdf 1.190Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record