HUBUNGAN IMPLEMENTASI RELATIONSHIP MARKETING DENGAN LOYALITAS PELANGGAN PADA BLACKPEPPER RESTO DAN CAFÉ BANDUNG

Widyatama Repository

HUBUNGAN IMPLEMENTASI RELATIONSHIP MARKETING DENGAN LOYALITAS PELANGGAN PADA BLACKPEPPER RESTO DAN CAFÉ BANDUNG

Show full item record

Title: HUBUNGAN IMPLEMENTASI RELATIONSHIP MARKETING DENGAN LOYALITAS PELANGGAN PADA BLACKPEPPER RESTO DAN CAFÉ BANDUNG
Author: Ardeliasari, Mayang Azka
Abstract: Skripsiini yang berjudul “HUBUNGAN IMPLEMENTASI RELATIONSHIP MARKETING DENGAN LOYALITAS PELANGGAN PADA BLACKPEPPER RESTO DAN CAFÉ BANDUNG”.DisusunolehMayangAzkaArdeliasaridengan NPM 0209U094 JurusanManajemenFakultasBisnisdanManajemenUniversitasWidyatama Bandung 2013, dibawahbimbinganBapak Dr. Zulganef., M.M. BlackpepperRestodan Café Bandungmerupakansalahsaturestoranterkemuka di Kota Bandung dengankapasitastamu 120 orang.Denganmaraknyatingkatpariwisata di Kota Bandung kianmeningkatdanberiringandenganmeningkatnyajumlahrestoran di Kota Bandung pula yang menjadiancamanbagirestoran.Makadenganinipihakrestoranmenawarkanpelayanan yang lebihbaikdibandingpesaingnya.YaitusejauhmanaImplementasiRelationship Marketing yang ditetapkanolehpihakrestoransesuaidenganapa yang diharapkankonsumendanpelanggandalammemuaskankebutuhandankeinginankonsumendanpelangg annyadapatmeningkatkanloyalitaspelanggan. PenelitianinidimaksudkanuntukmengetahuisejauhmanaimplementasiRelationship MarketingmempunyaihubungansignifikandenganloyalitaspelangganBlackpepperRestodan Café Bandung.DalampenelitianinimenggunakanempatvariabeldimensiuntukmewakiliRelationship Marketing, yaitu; Understanding Customer Expectation, Building Service Partnership, Empowering Employees,danTotal Quality Management. Dalampenelitianini, metodepenelitian yang digunakanadalahmetodedeskriptifdanverifikatif.Metodedeskriptifadalahmetodepenelitian yang dilaksanakandenganmengumpulkan data, kemudianmenyusun data tersebutsehinggamemberikangambaran yang sistematik, kemudiandianalisisdanditarikkesimpulan yang dapatdijadikan saran bagiperusahaanpadamasa yang akandatang. Sedangkanmetodeverifikatifyaitumetode yang mencarikolerasiatauhubungankausal (menanyakanapakahadahubunganataupengaruhterhadapobjek yang diteliti).Teknikpengumpulan data yang dilakukanpenulisadalahpenelitiankepustakaangunamemperoleh data sekunder, sertapenelitianlapangangunamemperoleh data primer denganwawancaradanpenyebarankuesioner yang dibagikankepada 150 responden. Berdasarkanhasilperhitungan, makadapatdisimpulkandimensiRelationship Marketing yang memilikitingkathubungantertinggidenganLoyalitasPelangganadalahdimensiBuilding Service Partnership (BSP)atau Kd2 yang tercantumdiperhitunganyaitusebesar 17,81%. Hal iniberartibahwahubunganimplementasirelationship marketingdenganloyalitaspelanggansebesar 39,57% darihasilpenjumlahankoefisienkeempatdimensi, sedangkansisanya 60,43% berkaitandenganfaktor-faktor lain. Misalnya: produk, promosi, penetapanharga, atributproduk, dan lain sebagainya yang tidakditelitiolehpenulis. Dan diperoleh > = X1 3,40; X2 5,60; X3 4,35; X4 2,04 > 1,960 yang artinyabahwa ditolak dan diterima. Kesimpulan yang diperolehmenunjukanbahwaimplementasiRelationship Marketing dalamdimensivariabelUnderstanding Customers Expectation, Building Service Partnership, Empowering Employees,sertaTotal Quality Managementmempunyaihubunganpositifdansignifikandenganloyalitaspelanggan.Tetapisebaiknyap ihakrestoranharusmemperbaikitingkatkomunikasidenganpelanggan, sertamerancangkegiatan yang dapatmenambahdayatarikpelanggan, sehinggaparapelanggantetap loyal kepadarestoran.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2865
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 16.89Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 25.49Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 42.77Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 54.62Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 40.16Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 58.58Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 75.20Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 42.85Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 21.93Kb PDF View/Open
Lampiran.pdf 19.36Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record