PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN LOGISTIK PADA KANTOR POS BESAR ASIA AFRIKA BANDUNG 40000 (PERSERO)

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN LOGISTIK PADA KANTOR POS BESAR ASIA AFRIKA BANDUNG 40000 (PERSERO)

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN LOGISTIK PADA KANTOR POS BESAR ASIA AFRIKA BANDUNG 40000 (PERSERO)
Author: Ubay, R Muhammad Nur
Abstract: ABSTRAK Jasa yang diberikan kepada konsumen memiliki pengaruh yang erat pada terciptanya loyalitas pelangan, jasa yang sesuai dengan yang diharapkan akan memberikan suatu dorongan kepada pelangan untuk tetap menjalin hubungan yang kuat dengan badan usaha yang bersangkutan dalam hal ini adalah PT.Pos Indonesia (Persero) akan selalu mempertahankan kualitas pelayanan secara maksimal. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kualitas Jasa terhadap Loyalitas Pelanggan Logistik Pada Kantor Pos Besar Asia Afrika Bandung 40000 (Persero)”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana tanggapan pelanggan terhadap kualitas jasa yang diberikan oleh Kantor Pos Besar Bandung 40000 serta untuk mengetahui seberapa besar pengeruh kualitas jasa terhadap loyalitas pelangan di Kantor Pos Besar40000. Hasil penelitian menunjukan bahwa tanggapan konsumen mengenai kualitas jasa dari Kantor Pos Besar 40000 berdasarkan hasil rata-rata yaitu 3,89 artinya kualitas jasa yang dirasakan konsumen atau pelanggan pada Kantor Pos Besar Asia Afrika Bandung 40000 dinilai baik, karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Sedangkan tanggapan loyalitas diperoleh nilai rata-rata keseluruhan yaitu sebesar 3,77 yang artinya tinggi karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Walau dengan demikian, masih banyak terdapat elemen-elemen yang perlu diperhatikan dan dibenahi seperti keramahan serta kepedulian terhadap pelanggan, solusi terhadap keluhan pelanggan dan kemampuan dalam pengiriman paket/barang Pos Logistik tepat waktu, Karena belum sepenuhnya sesuai dengan harapan pelanggan. Hubungan kualitas jasa terhadap loyalitas pelanggan berdasarkan hasil perhitungan korelasi Rank Spearman, diperoleh nilai rs sebesar 0,747. Maka hubungan antara kualitas jasa dengan loyalitas pelanggan dapat dikatakan kuat. Besarnya pengaruh kualitas jasa terhadap loyalitas pelanggan sebesar 55,81% dan sisanya 44,19% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak terukur. Dari hasil uji hipotesis bahwa nilai t hitung = 9,923 lebih besar dari t tabel = 1,991. Ini bererti Ho ditolak dan Ha diterima, maka kualitas jasa memiliki pengaruh positive terhadap loyalitas pelanggan pada Kantor Pos Besar Asia Afrika Bandung 40000. Kata Kunci : Kualitas Jasa, Loyalitas Pelanggan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2842
Date: 2013-02


Files in this item

Files Size Format View Description
2. SURAT PERNYATAAN.pdf 73.15Kb PDF View/Open surat pernyataan
3. ABSTRAK.pdf 185.4Kb PDF View/Open abstrak
4. Kata Pengantar.pdf 102.2Kb PDF View/Open kata pengantar
8. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf 32.86Kb PDF View/Open daftar riwayat hidup
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf 99.07Kb PDF View/Open daftar pustaka
BAB I.pdf 403.1Kb PDF View/Open BAB I
BAB II.pdf 394.3Kb PDF View/Open BAB II
BAB III .pdf 588.3Kb PDF View/Open BAB III
BAB IV.pdf 597.7Kb PDF View/Open BAB V
cover.pdf 71.21Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record