PERANAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN PT. ASURANSI JIWASRAYA (PERSERO) BANDUNG

Widyatama Repository

PERANAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN PT. ASURANSI JIWASRAYA (PERSERO) BANDUNG

Show full item record

Title: PERANAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN PT. ASURANSI JIWASRAYA (PERSERO) BANDUNG
Author: Utami, Diana Tri
Abstract: ABSTRAK Di setiap kegiatan atau aktivitas yang dilakukan dalam perusahaan mempunyai target pencapaian tujuan. Untuk mencapai tujuan tersebut, semua itu dilakukan dengan adanya pengaturan dan pengendalian manajemen perusahaan. Jika adanya manajemen yang baik terutama dalam usaha menggerakkan orang-orang untuk bekerjasama mencapai tujuan yang telah ditetapkan, maka aktivitas yang dilakukan di perusahaan akan berjalan dengan lancar dan efektif. Dengan begitu orang-orang yang bekerja di perusahaan tersebut dapat mencapai hasil yang optimal, salah satunya dengan dilakukannya komunikasi interpersonal di lingkungan kerja, kelancaran dan keefektifan berkomunikasi antar-individu ini merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan motivasi kerja pada karyawan yang bekerja di suatu perusahaan. Komunikasi interpersonal merupakan alat penghubung dalam menyampaikan atau memberikan informasi kepada orang lain. Tanpa adanya komunikasi, semua aktifitas yang dilakukan tidak akan berjalan efektif. Peranan komunikasi interpersonal dapat meningkatkan motivasi kerja karyawan, karena motivasi merupakan pendorong atau penggerak dari dalam diri seseorang untuk memenuhi kebutuhannya serta mencapai tujuan tertentu dan dapat bekerja lebih baik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui berapa besar peranan komunikasi interpersonal yang ada di perusahaan dengan motivasi kerja karyawan pada PT. Asuransi Jiwasraya (PERSERO) Bandung. Komunikasi interpersonal yang dilakukan di PT. Asuransi Jiwasraya (PERSERO) Bandung ini diketegorikan efektif yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 4,02 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. Motivasi kerja karyawan yang dilakukan pada PT. Asuransi Jiwasraya (PERSERO) Bandung ini dikategorikan tinggi yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,98 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. Koefisien korelasi antara komunikasi interpersonal dengan motivasi kerja karyawan adalah sebesar 0,537 artinya adanya peranan yang sedang antara komunikasi interpersonal untuk meningkatkan motivasi kerja, karena termasuk kategori 0,40 – 0,599, besarnya peranan komunikasi interpersonal untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan adalah sebesar 28,83% dan sisanya 71,17% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti. Berdasarkan uji t di dapat thitung > ttabel atau 4,410 > 1,678, maka terbukti bahwa adanya peranan antara komunikasi interpersonal dengan motivasi kerja karyawan. Maka, hipotesis yang diajukan yaitu : “jika komunikasi interpersonal berjalan dengan efektif maka motivasi kerja karyawan akan tinggi”, dapat diterima
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2797
Date: 2013-02


Files in this item

Files Size Format View Description
SKRIPSI.pdf 1.330Mb PDF View/Open PERANAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN PT. ASURANSI JIWASRAYA (PERSERO) BANDUNG

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record