PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA FLASHY BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA FLASHY BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA FLASHY BANDUNG
Author: Habibah, Nurul
Abstract: Store atmosphere adalah merupakan kombinasi dari pesan secara fisik yang telah direncakan. Setiap toko mempunyai penampilan yang berbeda-beda baik itu kotor, menarik, megah dan suram yang menjadi strategi guna menghadapi persaingan di industri kreatif. Store atmosphere tidak hanya dapat memberikan suasana lingkungan pembelian yang menyenangkan saja. Tetapi juga dapat memberikan nilai tambah terhadap produk yang dijual. Selain itu, atmosphere toko distro juga akan menentukan citra toko itu sendiri. Citra toko yang baik dapat menjamin kelangsungan hidup perusahaan untuk bertahan terhadap persaingan dalam membentuk pelanggan yang loyal. Menarik konsumen melakukan pembelian tidak hanya dapat dilakukan dengan memberikan diskon, doorprize, atau kegiatan promosi lainnya. Menarik konsumen untuk melakukan pembelian juga dapat dilakukan dengan cara memberikan store atmosphere yang menyenangkan bagi konsumen pada saat di dalam toko. Karena konsumen yang merasa senang diharapkan akan melakukan pembelian. Untuk dapat menciptakan atmosphere yang menyenangkan, maka perlu diciptakan atmosphere toko yang baik. Indentifikasi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan Store atmosphere yang dilakukan oleh Flashy di Bandung, bagaimana tanggapan konsumen terhadap pelaksanaan Store atmosphere yang dilakukan oleh Flashy Bandung , dan seberapa besar pengaruh Store atmosphere di oleh Flashy Bandung terhadap proses keputusan pembelian konsumen. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian deskriptif. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan store atmosphere yang dilakukan oleh toko Flashy Bandung, untuk mempelajari bagaimana tanggapan konsumen terhadap pelaksanaan store atmosphere pada Flashy Bandung terhadap proses keputusan pembelian pada konsumen Flashy Bandung. Pelaksanaan suasana toko (store atmosphere) pada Flashy Bandung dapat dikatakan baik, yang ditunjukan nilai rata-rata secara keseluruhan atas pernyataan responden terhadap store atmosphere adalah 3,57 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. Proses keputusan pembelian konsumen di Flashy Bandung yang dapat dikatakan baik karena nilai rata-rata keseluruhan pernyataan 3,57 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. Hasil perhitungan SPSS 13.0 menunjukan bahwa hubungan store atmosphere terhadap proses keputusan pembelian konsumen di Flashy Bandung adalah lemah dan searah yaitu sebesar 0,376. Maka diperoleh koefisien determinasi sebesar 14%, artinya store atmosphere pada Flashy Bandung dan sisanya 86% oleh penulis dianggap faktor lain yang tidak termasuk dalam bagian penelitian ini, seperti harga dan lain-lain. Dari hasil pengujian hipotesis dapat diketahui bahwa nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 4,712 lebih besar dari 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 1,660 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka terdapat pengaruh positif store atmosphere terhadap proses keputusan pembelian konsumen di Flashy Bandung.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2794
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 69.89Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 147.0Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 351.1Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 171.1Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 144.6Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 395.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 491.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 317.1Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 155.9Kb PDF View/Open
Lampiran.pdf 1.801Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record