PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN NASI BANCAKAN BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN NASI BANCAKAN BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN NASI BANCAKAN BANDUNG
Author: Hafidz, Rinaldy Muhammad
Abstract: Store atmosphere adalah merupakan kombinasi dari pesan secara fisik yang telah direncakan. Setiap rumah makan mempunyai penampilan yang berbeda-beda yang menjadi strategi guna menghadapi persaingan di industri kuliner. Store atmosphere tidak hanya dapat memberikan nilai tambah terhadap produk yang dijual. Selain itu, atmosphere rumah makan juga akan menentukan citra makan itu sendiri. Menarik konsumen melakukan pembelian tidak hanya dengan produk yang dimiliki oleh rumah makan, harga yang ditawarkan atau lainnya. Menarik konsumen untuk melakukan pembelian juga dapat dilakukan dengan cara memberikan atmosphere yang menyenangkan bagi konsumen pada saat di dalam rumah makan diharapkan akan melakukan pembelian. Untuk dapat menciptakan atmosphere yang menyenangkan, maka perlu diciptakan atmosphere rumah makan yang baik. Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan Store Atmosphere yang dilakukan oleh Rumah Makan Nasi Bancakan di Bandung, bagaimana tanggapan konsumen terhadap pelaksanaan store atmosphere yang dilakukan oleh Rumah Makan Nasi Bancakan, dan seberapa besar pengaruh store atmosphere di Rumah Makan Nasi Bancakan terhadap keputusan pembelian konsumen. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian deskriptif. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan store atmosphere yang dilakukan oleh Rumah Makan Nasi Bancakan Bandung, untuk mempelajari bagaimana tanggapan konsumen terhadap pelaksanaan store atmosphere pada Rumah Makan Nasi Bancakan Bandung terhadap keputusan pembelian pada konsumen Rumah Makan Nasi Bancakan Bandung. Pelaksanaan suasana toko (store atmosphere) pada Rumah Makan Nasi Bancakan Bandung dapat dikatakan baik, yang ditunjukan nilai rata-rata secara keseluruhan atas pernyataan responden terhadap store atmosphere adalah 3,65 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. Keputusan pembelian konsumen di Rumah Makan Nasi Bancakan Bandung yang dapat dikatakan baik karena nilai rata-rata keseluruhan pernyataan 3,57 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. Hasil perhitungan SPSS 13.0 menunjukan bahwa hubungan store atmosphere terhadap keputusan pembelian konsumen di Rumah Makan Nasi Bancakan Bandung adalah lemah dan searah yaitu sebesar 0,263. Maka diperoleh koefisien determinasi sebesar 7%, artinya store atmosphere pada Rumah Makan Nasi Bancakan Bandung dan sisanya 93% oleh penulis dianggap faktor lain yang tidak termasuk dalam bagian penelitian ini, seperti harga dan lain-lain. Dari hasil pengujian hipotesis dapat diketahui bahwa nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 2,70 lebih besar dari 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 1,660 maka Ha diterima dan Ho di tolak. Maka terdapat pengaruh positif store atmosphere terhadap keputusan pembelian konsumen pada Rumah Makan Nasi Bancakan Bandung.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2784
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 70.02Kb PDF View/Open
Surat Pernyataan.pdf 152.0Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 284.6Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 163.1Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 181.8Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 311.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 456.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 179.3Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 152.8Kb PDF View/Open
Lampiran.pdf 215.6Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record