PENGARUH TINGKAT KUNJUNGAN WISATAWAN TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH PENGUSAHA KULINER DAN INOVASI PRODUK KULINER DI KOTA BANDUNG (Suatu penelitian terhadap Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pengusaha Kuliner di Bandung – Jawa Barat)

Widyatama Repository

PENGARUH TINGKAT KUNJUNGAN WISATAWAN TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH PENGUSAHA KULINER DAN INOVASI PRODUK KULINER DI KOTA BANDUNG (Suatu penelitian terhadap Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pengusaha Kuliner di Bandung – Jawa Barat)

Show full item record

Title: PENGARUH TINGKAT KUNJUNGAN WISATAWAN TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH PENGUSAHA KULINER DAN INOVASI PRODUK KULINER DI KOTA BANDUNG (Suatu penelitian terhadap Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pengusaha Kuliner di Bandung – Jawa Barat)
Author: Dora, Yenny Maya; Febrianti, R. Adjeng Mariana
Abstract: Kota Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Jawa Barat sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut. Kota Bandung juga dikenal sebagai kota belanja, dengan mall dan factory outlet yang banyak tersebar di kota ini. Selain memiliki puluhan factory outlet yang tersebar di seluruh penjuru daerah, Kota Bandung juga memiliki potensi bisnis kuliner yang sangat beragam. Dari mulai menu masakan nusantara hingga menu kuliner mancanegara, ditawarkan para pelaku usaha untuk memanjakan para pecinta kuliner di daerah Bandung dan sekitarnya. Sejak dibukanya Jalan Tol Cipularang, kota Bandung telah menjadi tujuan utama dalam menikmati liburan akhir pekan terutama dari masyarakat yang berasal dari Jakarta sekitarnya. Melihat banyaknya peluang usaha kreatif yang terdapat di daerah Bandung, tidaklah heran bila Kota Bandung menjadi gudangnya para pebisnis kreatif dan menjadi salah satu daerah di Indonesia yang ikut serta mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif di tingkat nasional. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Tingkat kunjungan wisatawan terhadap peningkatan jumlah pengusaha kuliner dan Inovasi Produk kuliler. Sampel yang diteliti sebanyak 200 Usaha Kecil dan Menengah (UKM) makanan dan minuman di Kota Bandung – Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan bersifat descriptif, dan verificatif , tujuannya untuk memperoleh gambaran atau deskripsi tentang peningkatan pengusaha kuliner , pendekatan pemodelan tehnik solusi yang akan digunakan sebagai alat analisis yaitu metode Analisa Regresi Berganda Hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat kunjungan wisatawan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan jumlah pengusaha kuliner dan Inovasi produk. Semakin banyak wisatawan berkunjung maka semakin bertambah juga pengusaha kuliner. Dan agar pengusaha kuliner yang ada tetap dapat bertahan maka dituntut dapat melakukan inovasi terhadap produk yang ditawarkan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2776
Date: 2013-05-30


Files in this item

Files Size Format View
YENNY DAN R ADJENG 2013 BIDANG MANAJEMEN.pdf 224.6Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record