HUBUNGAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (SURVEY PADA 9 KOTA DI PROVINSI JAWA BARAT)

Widyatama Repository

HUBUNGAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (SURVEY PADA 9 KOTA DI PROVINSI JAWA BARAT)

Show full item record

Title: HUBUNGAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (SURVEY PADA 9 KOTA DI PROVINSI JAWA BARAT)
Author: Silviana
Abstract: Sejak tahun 2003 telah dilakukan reformasi di bidang pengelolaan keuangan daerah, namun kenyataannya masih ada laporan keuangan pemerintah daerah yang masih mendapatkan opini selain Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Hubungan Penerapan Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Kerangka Konseptual Peraturan pemerintah Nomor 24 tahun 2005/71 tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif eksplanatori. Unit analisis di sembilan (9) kota di Provinsi Jawa Barat. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang didistribusikan kepada Auditor Intern Inspektorat dan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia - Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Barat. Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan, nilai koefisien korelasi sebesar 0.686, dan nilai koefisien determinasi sebesar 47.10%. Belum maksimalnya kontribusi sistem informasi akuntansi dalam menjelaskan variabel kualitas laporan keuangan pemerintah daerah diantaranya disebabkan oleh: masih ada entitas yang terlambat menyerahkan laporan keuangan sistem informasi akuntansi dan pelaporan masih ada yang belum memadai; sistem informasi akuntansi dan pelaporan masih ada yang belum didukung Sumber Daya Manusia yang memadai, sehingga disarankan agar pemerintah daerah khususnya pemerintah kota untuk dapat lebih meningkatkan lagi hal-hal yang masih belum memadai tersebut.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2774
Date: 2013-05-30


Files in this item

Files Size Format View
SILVIANA 2013 BIDANG AKUNTANSI.pdf 211.9Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record