PENGARUH INTERNET MARKETING DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP PEMBENTUKAN BRAND AWARENESS PADA BOBER CAFÉ BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH INTERNET MARKETING DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP PEMBENTUKAN BRAND AWARENESS PADA BOBER CAFÉ BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH INTERNET MARKETING DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP PEMBENTUKAN BRAND AWARENESS PADA BOBER CAFÉ BANDUNG
Author: Trinanda, Ahmad Fajar
Abstract: Perkembangan bisnis kuliner di Bandung saat ini semakin berkembang pesat, hal ini dapat kita lihat dari jumlah restoran dan rumah makan yang ada di Kota Bandung setiap tahunnya meningkat, maka diperlukan strategi yang tepat agar perusahaan bisa bersaing dan lebih unggul dibandingkan dengan para pesaing lainnya. Berdasarkan fenomena tersebut, penulis melakukan penelitian yang dituangkan dalam skripsi dengan judul “Pengaruh internet marketing dan experiential marketing terhadap pembentukan brand awareness pada Bober café Bandung”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh internet marketing dan experiential marketing dalam pembentukan brand awareness pada Bober cafe. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan verifikatif. Untuk mengetahui ada atau tidaknya korelasi secara parsial, dilakukan pengujian dengan menggunakan metode korelasi partial dan korelasi Rank Spearman. Sedangkan untuk menguji hubungan variabel-variabel penelitian secara simultan dapat menggunakan korelasi ganda. Dimana untuk pengujian hipotesis penulis menggunakan uji T untuk hipotesis parsial dan uji F untuk hipotesis simultan. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa internet marketing dan experiential marketing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan brand awareness yang dilihat dari tingkat signifikansi sebesar 0,000 < α = 0,05, atau Ho ditolak, yang artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara internet marketing dan experiential marketing terhadap pembentukan brand awareness. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengaruh internet marketing terhadap pembentukan brand awareness pada Bober café dikatakan cukup kuat, yang ditunjukan dari nilai rs (Rank Spearman) yaitu sebesar 0,465. Begitu juga pengaruh experiential marketing terhadap pembentukan brand awareness pada Bober café dikatakan cukup kuat, yang ditunjukan dari nilai rs (Rank Spearman) yaitu sebesar 0,553. Besarnya hubungan pengaruh internet marketing dan experiential marketing terhadap pembentukan brand awareness pada Bober café yang diperoleh dari perhitungan koefisien determinasi secara keseluruhan adalah sebesar 27,24% dan sisanya sebesar 72,76% merupakan kontribusi dari faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti. Dari perhitungan statistik uji T dapat dilihat (thitung > ttabel) atau thitung untuk variabel internet marketing = 5,199 lebih besar dari ttabel = 1,98 dan thitung untuk variabel experiential marketing = 6,57 lebih besar dari ttabel = 1,98, dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis yang diajukan penulis: “Pengaruh internet marketing dan experiential marketing terhadap pembentukan brand awareness pada Bober café Bandung”, dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2749
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 105.2Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 191.2Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 283.3Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 334.0Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 238.0Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 257.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 741.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 216.3Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 130.1Kb PDF View/Open
Lampiran.pdf 1.774Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record