PENGARUH KEGIATAN PROMOSI TERHADAP MINAT SISWA SMA MELANJUTKAN STUDI KE UNIVERSITAS WIDYATAMA BANDUNG PRODI MANAJEMEN S1

Widyatama Repository

PENGARUH KEGIATAN PROMOSI TERHADAP MINAT SISWA SMA MELANJUTKAN STUDI KE UNIVERSITAS WIDYATAMA BANDUNG PRODI MANAJEMEN S1

Show full item record

Title: PENGARUH KEGIATAN PROMOSI TERHADAP MINAT SISWA SMA MELANJUTKAN STUDI KE UNIVERSITAS WIDYATAMA BANDUNG PRODI MANAJEMEN S1
Author: Sarwono, Chandra Agus
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mencari bukti empirik yang mendukung dugaan promosi berpengaruh signifikan terhadap minat siswa SMA . Promosi merupakan salah satu variabel dalam marketing mix yang sangat penting dilakukan oleh perusahaan dalam memasarkan produknya. Promosi dapat diartikan sebagai arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan menciptakan pertukaran dalam pemasaran.Pada hakekatnya promosi adalah salah satu bentuk komunikasi pemasaran, yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujuk dan mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dengan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan. Minat dianggap sebagai suatu “penangkap” atau perantara antara faktor-faktor motivasional yang mempengaruhi perilaku, minat juga mengindikasikan seberapa keras seseorang mempunyai kemauan untuk mencoba. Minat menunjukkan seberapa banyak upaya yang direncanakan seseorang untuk melakukan sesuatu dan minat berhubungan dengan perilaku. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan adalah 40siswa SMA yang telah dipilih sesuai kriteria yang telah ditentukan di kota Bandung. Pengumpulan data dilakukan melaui observasi langsung dan penelitian kepustakaan yang diperoleh malalui wawancara dan pengumpulan data internal Sekolahan dan Universitas Widyatama serta referensi yang relevan. Penelitian ini menggunakan model analisis validitas, analisis realibilitas, analisis koefisien determinasi, dan analisis korelasi rank spearman.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap minat siswa SMA, hal ini ditunjukkan melalui hasil analisis statistik. Dari hasil perhitungan, dapat dilihat bahwa t hitung =3,070 lebih besar dari ttabel = 1,685 ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka promosi memiliki pengaruh positif terhadap minat siswa SMA melanjutkan kuliah ke Universitas Widyatama Prodi Manajemen S1.Minat Siswa SMA melanjutkan studi ke Universitas Widyatama Prodi Manajemen S1 dapat dikatakan baik karena nilai rata-rata keseluruhan pernyataan sebesar 4,02 yang berada pada interval 3,40-4,19.Berdasarkan hasil perhitungan korelasi Rank Spearman, maka diperoleh nilai rs sebesar 0,664. Karena nilai rs berada diantara 0,600-0,799 maka hubungan antara Promosi dengan Minat siswa SMA dapat dikatakan kuat..
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2729
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 81.20Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 138.9Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 154.5Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 191.8Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 339.5Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 283.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 363.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 117.6Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 156.6Kb PDF View/Open
Lampiran.pdf 629.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record