PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. TOYOTA AUTO 2000 BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. TOYOTA AUTO 2000 BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. TOYOTA AUTO 2000 BANDUNG
Author: Rahman, Aries
Abstract: Dalam penelitian ini penulis mengambil judul “Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Toyota Auto 2000 Bandung“. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan PT. Toyota Auto2000 Bandung, mengetahui loyalitas pelanggan PT. Toyota Auto2000 Bandung, mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen PT. Toyota Auto2000 Bandung. Untuk mengukur dan menganalisa hubungan antara kedua variabel di atas, penulis menyebarkan kuesioner kepada 100 orang responden. Kemudian hasil pernyataan responden dari kuesioner tersebut diolah dan dianalisis dengan menggunakan metode statistik dengan menggunakan alat bantu software SPSS 14 yaitu dengan Korelasi Rank Spearman, dan Koefisien Determinasi r. Dari hasil penelitian, pernyataan konsumen atas kepuasan pelanggan Toyota Auto2000 adalah baik, yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata secara keseluruhan atas pernyataan responden terhadap kepuasan pelanggan Toyota Auto2000 adalah sebesar 3,85. Adapun pernyataan konsumen terhadap loyalitas adalah loyal, yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata secara keseluruhan atas pernyataan responden terhadap loyalitas sebesar 3,95. Hasil penelitian dan interpretasi yang diperoleh dengan menggunakan Korelasi Rank Spearman menunjukkan bahwa hubungan antara kepuasan pelanggan dengan loyalitas adalah hubungan yang sedang dan arahnya positif yaitu sebesar 0,595. Besarnya pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas yang diperoleh dari perhitungan Koefisien determinasi adalah sebesar 35,40%, dan sisanya sebesar 64,60% oleh penulis dianggap faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Sedangkan dari perhitungan statistik uji t, ternyata 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 7,37 lebih besar dari 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 1,66, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Ini berarti terdapat hubungan yang positif yang signifikan antara kepuasan pelanggan dengan loyalitas. Penulis mengajukan saran agar harus lebih memperhatikan keluhan-keluhan yang disampaikan oleh para pelanggan, dan tidak mengacuhkan keluhan-keluhan tersebut, tetapi mencoba sebaik mungkin untuk menanggulanginya dengan cepat dan tepat, terus meningkatkan kualitas pelayanannya, selalu berkomunikasi dan berinteraksi secara aktif dengan para pelanggan, sehingga para pelanggan tidak akan merasa asing.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2722
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Abstrak.pdf 436.7Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 275.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 473.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 387.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record