PENGARUH KUALITAS PELAYANANTERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT BANK ARTHA GRAHA CABANG ASIA AFRIKA BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANANTERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT BANK ARTHA GRAHA CABANG ASIA AFRIKA BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS PELAYANANTERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT BANK ARTHA GRAHA CABANG ASIA AFRIKA BANDUNG
Author: Wahdiansyah, Dody
Abstract: Keunggulan suatu jasa tergantung pada keunikan serta kualitas yang diperlihatkan oleh jasa tersebut. Jasa secara spesifik harus memperlihatkan kebutuhan dan keinginan pelanggan karena jasa yang dirasakan dan dinikmati langsung oleh pelanggan akan segera mendapat penilaian sesuai atau tidak sesuai dengan harapan dan penilaian pelanggan. Penelitian ini berjudul Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT Bank Artha Graha Cabang Asia Afrika Bandung, yang bertujuan untuk mengetahui tanggapan konsumen terhadap kualitas pelayanan dan bagaimana kepuasan nasabah terhadap pelayanan Bank Artha Graha serta untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Bank Artha Graha. Tanggapan nasabah terhadap kualitas pelayanan yang dilakukan oleh Bank Artha Graha memiliki nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,82 yang artinya penting karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan menjadi perhatian penting bagi Bank Artha Graha. Kepuasan nasabah terhadap pelayanan Bank Artha Graha diperoleh hasil nilai rata-rata sebesar 3,71 yang artinya puas karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Hal ini menunjukkan bahwa nasabah puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh Bank Artha Graha. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah Bank Artha Graha berdasarkan hasil perhitungan korelasi Rank Spearman, maka diperoleh nilai rs sebesar 0,620. Karena nilai rs berada diantara 0,600-0,799 maka hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan nasabah dapat dikatakan kuat. Besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah Bank Artha Graha sebesar 38.44% dan sisanya 61.56% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti oleh penulis. Dari perhitungan uji t, bahwa t hitung = 7,82 lebih besar dari ttabel = 1,660 Ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2701
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 185.5Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 195.3Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 318.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 394.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 202.2Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 124.4Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record