PENGARUH PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH ASURANSI JIWA DI AJB BUMIPUTERA CABANG SOEKARNOHATTA BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH ASURANSI JIWA DI AJB BUMIPUTERA CABANG SOEKARNOHATTA BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH ASURANSI JIWA DI AJB BUMIPUTERA CABANG SOEKARNOHATTA BANDUNG
Author: Anggraeni, Devi
Abstract: Penelitian ini berjudul “Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Asuransi Jiwa Di AJB Bumiputera Cabang Soekarno Hatta Bandung”, yang bertujuan untuk mengetahui kebijakan personal selling di AJB Bumiputera, tanggapan responden mengenai personal selling di AJB Bumiputera, tanggapan responden mengenai proses keputusan menjadi nasabah asuransi jiwa dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pesonal selling terhadap keputusan menjadi nasabah asuransi jiwa pada AJB Bumiputera Cabang Soekarno Hatta Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan kuesioner. Hasil penelitian yang didapatkan mengenai personal selling yang dilaksanakan oleh AJB Bumiputera meliputi tujuan dan strategi tenaga penjual seperti memprospek, pra pendekatan, presentasi dan demonstrasi, mengatasi keberatan, penutupan, tindak lanjut dan pemeliharaan, struktur tenaga penjual, ukuran tenaga penjual, serta kompensasi tenaga penjual. Tanggapan responden atas personal selling diperoleh nilai keseluruhan sebesar 3,90 yang artinya baik karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Tanggapan responden mengenai keputusan menjadi nasabah asuransi jiwa dapat dikatakan tinggi yaitu sebesar 3,69 karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Hubungan personal selling dengan keputusan menjadi nasabah asuransi jiwa pada AJB Bumiputera Cabang Soekarno Hatta Bandung berdasarkan hasil perhitungan korelasi Rank Spearman. Termasuk pada kategori cukup kuat dan searah karena diperoleh nilai rs sebesar 0,436. Besarnya pengaruh personal selling terhadap keputusan menjadi nasabah asuransi jiwa pada AJB Bumiputera Cabang Soekarno Hatta Bandung sebesar 19,01% dan sisanya 80,99% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti oleh penulis misalnya advertising, direct marketing, public relation dan sebagainya. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan distribusi t diperoleh hasil t hitung > t tabel yaitu 4,796 > 1,660. Dengan demikian, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Ini berarti personal selling memiliki pengaruh positif terhadap keputusan menjadi nasabah asuransi jiwa AJB Bumiputera Cabang Soekarno Hatta Bandung. Dengan demikian hipotesis yang diajukan di Bab I yaitu “Personal Selling berpengaruh positif terhadap keputusan menjadi nasabah asuransi jiwa di AJB Bumiputera Cabang Soekarno Hatta Bandung”, dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2696
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 114.3Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 111.3Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 276.5Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 208.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 208.2Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 421.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 442.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 286.9Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 135.0Kb PDF View/Open
Lampiran.pdf 810.4Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record