ANALISIS FAKTOR-FAKTOR BAURAN PEMASARAN JASA YANG MEMPENGARUHI PERPINDAHAN MAHASISWA WIDYATAMA KE PERGURUAN TINGGI LAIN

Widyatama Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR BAURAN PEMASARAN JASA YANG MEMPENGARUHI PERPINDAHAN MAHASISWA WIDYATAMA KE PERGURUAN TINGGI LAIN

Show full item record

Title: ANALISIS FAKTOR-FAKTOR BAURAN PEMASARAN JASA YANG MEMPENGARUHI PERPINDAHAN MAHASISWA WIDYATAMA KE PERGURUAN TINGGI LAIN
Author: Alfarisi, Wina Susanti
Abstract: Universitas Widyatama sebagai salah satu perguruan tinggi swasta harus mampu memberikan suatu sajian pendidikan yang berkualitas. Karena apabila tidak, maka akan menimbulkan sikap negatif bagi mahasiswa yang dapat berakibat pindahnya para mahasiswa ke lembaga pendidikan lain yang mampu memberikan jasa pendidikan seperti yang mereka harapkan. Sikap negatif yang dirasakan mahasiswa tersebut, termasuk kedalam nilai yang dirasakan konsumen (customer perceived Value) atas bauran pemasaran jasa yang dilakukan oleh Widyatama yang akan berdampak pada perilaku berpindah merek dan loyalitas konsumen. Penerapan bauran pemasaran jasa yang baik akan memberikan keuntungan kompetitif bagi Widyatama. Penelitian ini berjudul Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran Jasa yang Mempengaruhi Perpindahan Mahasiswa Widyatama ke Perguruan Tinggi Lain . Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi sikap perpindahan mahasiswa Widyatama ke perguruan tinggi lain dan untuk mengetahui faktor yang berpengaruh paling besar terhadap sikap perpindahan mahasiswa Widyatama. Sedangkan metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dan metode korelasional dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan kuesioner Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi perpindahan (switching brand) mahasiswa Widyatama ke perguruan tinggi lain antara lain karena sebelumnya biaya kuliah yang cukup terjangkau dan kerjasama dengan perguruan tinggi lain di luar negeri belum maksimal dirasakan oleh mahasiswa. Faktor yang memberikan pengaruh paling besar terhadap sikap mahasiswa berpindah dari Widyatama berdasarkan hasul uji analisis faktor yaitu variable promotion, karena memiliki nilai korelasi lebih besar dari faktor loading lainnya. Berdasarkan uji hipotesis nilai t hitung yaitu lebih besar dari t tabel. dengan demikian hipotesis yang diajukan yaitu: Faktor Bauran Pemasaran Berpengaruh Terhadap Perilaku Berpindah Merek (Brand Switching) Mahasiswa Widyatama dapat diterima
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2685
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 15.82Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 33.91Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 101.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 233.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 28.90Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 36.08Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record