PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA SKATERS CLOTHING

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA SKATERS CLOTHING

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA SKATERS CLOTHING
Author: Anggani, Vini
Abstract: Skripsi ini disusun oleh Vini Anggani (02.05.263), dengan judul Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Skaters Clothing . Di dalam penyusunan skripsi ini penulis di bawah bimbingan Ibu Dr.Mariana Rachmawati, S.E., M.M., selaku dosen pembimbing. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan sifat sesuatu yang sedang berlangsung pada saat penelitian dilakukan dan memeriksa sebab-sebab dari suatu gejala tertentu serta menggambarkan pengaruh antar variabel untuk memperoleh data yang akan dipergunakan dan diolah. Penelitian ini dilakukan pada Skaters clothing dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk untuk mengetahui pendapat pelanggan tentang kualitas produk yang dihasilkan oleh Skaters Clothing, untuk mengetahui loyalitas pelanggan terhadap produk Skaters Clothing dan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada produk Skaters Clothing. .Tanggapan pelanggan mengenai kualitas produk Skaters, dapat dikatakan baik bahwa sebagian besar responden menjawab setuju,. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata keseluruhan pernyataan adalah 3,65 yang berada pada interval 3,40 - 4,19. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian yaitu produk Skaters Clothing mempunyai desain yang beragam, tekstur bahan, proses produksi dan rasa bangga menggunakan merek Skaters, karena nilainya di bawah rata-rata. Tanggapan mengenai loyalitas pelanggan, dapat dikatakan tinggi. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata keseluruhan pernyataan adalah 3,71 yang berada pada interval 3,40 4,19. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian yaitu melakukan kembali pembelian, pembelian antar lini produk, dan merekomendasikan produk, karena nilainya di bawah rata-rata. Pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada produk Skaters Clothing berdasarkan hasil pengujian koefisien korelasi rank spearman diperoleh nilai sebesar 0,405 yang menunjukan hubungan yang sedang antara kualitas produk dengan loyalitas pelanggan. Besarnya pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan sebesar 16,40%. Sedangkan sisanya 83,60% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian misalkan harga, promosi, saluran distribusi. Berdasarkan analisis uji hipotesis, didapat thitung sebesar 4,48 dan ttabel sebesar 1,663 dengan tingkat kekeliruan 5%. Ini menunjukan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel, ini berarti terdapat pengaruh positif antara kualitas produk dengan loyalitas pelanggan. Jadi hipotesis yang penulis ajukan pada bab I, yaitu : Terdapat pengaruh yang positif antara kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2682
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 12.47Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 36.12Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 99.18Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 205.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 37.62Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.70Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record