PENGARUH PHYSICAL EVIDENCE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HOTEL BALTIKA BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH PHYSICAL EVIDENCE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HOTEL BALTIKA BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH PHYSICAL EVIDENCE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HOTEL BALTIKA BANDUNG
Author: Fernando, Sona
Abstract: Pariwisata sebagai suatu proses yang dapat menciptakan nilai tambah terhadap barang dan atau jasa sebagai satu kesatuan produk, baik yang nampak atau nyata (tangibles product) dan yang tidak tampak atau tidak nyata (intangibles product). Perusahaan yang bergerak di bidang industri pariwisata seperti hotel memerlukan faktor-faktor pendukung untuk menarik minat konsumen agar mau menggunakan jasa yang ditawarkan. Physical evidence merupakan faktor pendukung bagi perusahaan yang bergerak dibidang jasa pariwisata, dimana dengan adanya physical evidence yang baik tentu akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Sehubungan dengan hal-hal tersebut, maka penulis melakukan penelitian dengan judul : Pengaruh Physical Evidence terhadap Kepuasan Pelanggan pada Hotel Baltika Bandung . Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu metode dengan memberikan gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan korelasi antara variabel yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian data primer dan data sekunder, dimana data diperoleh secara langsung dari objek penelitian, yaitu dengan menyebarkan kuesioner, wawancara dan pengamatan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber-sumber lain atau literatur-literatur yang berkaitan dengan permasalahan yang diajukan dalam penelitian. Penulis mengambil 50 responden yang dijadikan sampel. Dengan menggunakan koefisien korelasi Rank Spearman, maka hasil perhitungan yang diperoleh adalah sebesar 0,61 maka dapat diartikan bahwa antara variabel physical evidence dan variabel kepuasan pelanggan terdapat hubungan yang kuat dan searah. Besarnya pengaruh Physical evidence terhadap kepuasan pelanggan adalah sebesar 37,21% dimana pengujian tingkat signifikasi adalah (thitung > ttabel) atau thitung (5,333) > ttabel (1,679). Oleh karena itu hipotesis yang dikemukakan oleh penulis yaitu : Jika physical evidence di Hotel Baltika dirasakan baik oleh pelanggan, maka kepuasan pelanggan akan meningkat dapat diterima. Penulis menyarankan agar perusahaan dapat mengembangkan strategistrategi yang berorientasi pada konsumen seperti menjaga hubungan baik dengan konsumen dan komunikasi antara konsumen lebih ditingkatkan lagi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2669
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 7.843Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 33.82Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 82.23Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 260.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 46.00Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 28.23Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record