PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MEMINIMALKAN KECURANGAN (FRAUD) PADA PROSES PENGADAAN BARANG (Studi Kasus pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk )

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MEMINIMALKAN KECURANGAN (FRAUD) PADA PROSES PENGADAAN BARANG (Studi Kasus pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk )

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MEMINIMALKAN KECURANGAN (FRAUD) PADA PROSES PENGADAAN BARANG (Studi Kasus pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk )
Author: Dwi C, Sendiana
Abstract: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MEMINIMALKAN KECURANGAN (FRAUD) PADA PROSES PENGADAAN BARANG (Studi kasus pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk) Agar perusahaan dapat mencapai tingkat kinerja yang baik, diperlukan adanya pemeriksaan internal yang memadai. Oleh karena itu, pihak manajemen membutuhkan bantuan dari fungsi pemeriksaan atau yang dikenal dengan Audit Internal. Salah satu jenis kegiatan evaluasi yang dilakukan oleh audit internal adalah pencegahan dan pendeteksian kecurangan. Tipe kejadian ini merupakan aktivitas yang volumenya cukup tinggi dan secara normal dihadapai oleh audit internal. Kecurangan yang sering terjadi pada proses pengadaan barang dikarenakan adanya hubungan kekerabatan pihak dalam dengan pihak luar perusahaan yang dapat memepengaruhi pihak manajemen dalam pengambilan keputusan. Adanya audit internal yang memadai dalam perusahaan diharapkan akan membantu manajemen dalam mencegah dan mengantisipasi kecurangan yang mungkin terjadi. Namun, apabila audit internal tidak dilaksanakan dengan baik , tidak menutup kemungkinan terjadi penyimpangan penyimpangan dan kecurangan kecurangan yang dilakukan dengan sengaja atau tidak sengaja, khususnya pada proses pengadaan barang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peranan audit internal dalam meminimalkan kecurangan (fraud) pada proses pengadaan barang di PT.Telekomunikasi Indonesia, Tbk, yang berlokasi di Jalan Japati No. 1 Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus, yaitu suatu metode penelitian yang dapat memberikan gambaran secara jelas mengenai objek penelitian, dengan cara mengumpulkan data melalui penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan, melakukan analisis hipotesi dengan menggunakan koefisien korelasi Rank Spearman, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan melalui pengujian hipotesis, dapat ditarik kesimpulan bahwa audit internal dalam meminimalkan kecurangan (fraud) pada proses pengadaan barang di PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Dimana besarnya koefisien korelasi yang dihasilkan adalah sebesar 0,68 dengan koefisien determinasi sebesar 46,24 %. Hal ini menunjukkan bahwa audit internal mempunyai peranan yang kuat dan positif dalam meminimalkan kecurangan (fraud) pada proses pengadaan barang.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2668
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 16.39Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 25.31Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 33.02Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 44.98Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 50.93Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 87.06Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 263.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 46.97Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 31.29Kb PDF View/Open
Lampiran.pdf 311.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record