PENGARUH TINGKAT LIKUIDITAS TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA KELOMPOK PERBANKAN (Survei Pada 30 Bank Go Public Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Widyatama Repository

PENGARUH TINGKAT LIKUIDITAS TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA KELOMPOK PERBANKAN (Survei Pada 30 Bank Go Public Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Show full item record

Title: PENGARUH TINGKAT LIKUIDITAS TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA KELOMPOK PERBANKAN (Survei Pada 30 Bank Go Public Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
Author: Stephanus, Nico
Abstract: Bank adalah lembaga keuangan yang berfungsi sebagai financial intermediary yang berarti menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman. Dilihat dari struktur aset bank, kredit atau pinjamanan merupakan aktiva produktif terbesar sehingga pendapatan bunga yang diperoleh dari penyaluran kredit ini merupakan pendapatan terbesar yang diperoleh oleh bank. Tapi karena sumber dana utama yang digunakan untuk membiayai penyaluran kredit tersebut berasal dari dana pihak ketiga maka besarnya pendapatan bunga tersebut akan diikuti pula dengan besarnya beban bunga yang harus dibayar nasabah. Oleh karena itu pihak bank harus dapat menentukan besarnya tingkat bunga yang paling efektif sehingga kredit yang disalurkan dapat menghasilkan laba yang sebesar-besarnya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dan seberapa besar pengaruh tingkat likuiditas (LDR) terhadap kinerja keuangan / profitabilitas (ROA). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode asosiatif dengan pendekatan survey. Sementara untuk menganalisa data digunakan pengujian secara statistik. Dari hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi yaitu : Y = 16,863 + 0,263 X. Persamaan tersebut mengandung pengertian bahwa, pada saat tingkat likuiditas sebesar 0%, maka profitabilitas bank adalah sebesar 16,863. Kemudian setiap terjadi perubahan tingkat likuiditas sebesar 1 % akan menyebabkan peningkatan profitabilitas bank sebesar 0,263. Kemudian dari perhitungan koefisien korelasi didapat nilai korelasi ( r ) positif sebesar 0,684. Hal ini mengandung arti bahwa apabila likuiditas meningkat, maka profitabilitas bank juga ikut meningkat. Nilai 0,684 menunjukan keeratan hubungan yang kuat antara variabel X dengan variabel Y. Kemudian dari hasil perhitungan koefisien determinasi ( r2 ) didapat nilai sebesar 54,7%, atau dengan kata lain tingkat likuiditas berpengaruh sebesar 54,7% terhadap kinerja keuangan / profitabilitas. Dari hasil uji statistik t didapat nilai t hitung sebesar 4,516 dan t tabel sebesar 1,980. Dengan demikian nilai t hitung lebih besar dibandingkan dengan t tabel. Hal ini berarti Ho ditolak dan Hi diterima, sehingga hipotesis yang diajukan bahwa tingkat likuiditas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja keuangan dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2666
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 170.6Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 126.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 129.4Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 151.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 188.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 128.1Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 120.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record