MANFAAT PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN TERHADAP KEEFEKTIFITASAN PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI (Studi kasus pada PT. Pupuk Kujang Cikampek)

Widyatama Repository

MANFAAT PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN TERHADAP KEEFEKTIFITASAN PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI (Studi kasus pada PT. Pupuk Kujang Cikampek)

Show full item record

Title: MANFAAT PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN TERHADAP KEEFEKTIFITASAN PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI (Studi kasus pada PT. Pupuk Kujang Cikampek)
Author: Handayani, Anita
Abstract: Manfaat Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen Terhadap Keefektifitasan Pengendalian Biaya Produksi Pembangunan dibidang ekonomi mempunyai dampak positif terhadap pembangunan dibidang lainnya terutama di sektor industri. Dengan adanya prioritas pembangunan di sektor industri telah mendorong berkembangnya perusahaan – perusahaan industri, salah satunya adalah PT. PUPUK KUJANG CIKAMPEK yang menjadi objek penelitian penulis dan berlokasi di Jl. Jend A. Yani No.39 Cikampek 41373 Karawang – Jawa Barat yang bergerak dalam pembuatan pupuk. Salah satu komponen terbesar dari biaya yang ada dalam perusahaan adalah biaya produksi. Biaya Produksi lebih mudah dikendalikan karena menyangkut kegiatan internal perusahaan. Oleh karena itu, seharusnya biaya produksi memperoleh prioritas utama dalam pengendalian biaya. Keberhasilan suatu perusahaan dalam mengendalikan pengeluaran biaya produksi akan berpengaruh positif terhadap peningkatan laba perusahaan dan kemajuan perusahaan. Biaya produksi merupakan salah satu pengeluaran perusahaan yang memerlukan pengendalian secara cermat. Pengendalian yang dimaksud adalah adanya suatu sistem pengendalian manajemen yang memadai. Perusahaan harus menyadari bahwa dengan menerapkan sistem pengendalian manajemen yang memadai, dapat mengefektifkan pengendalian biaya produksi dan juga meningkatkan laba perusahaan. Objek penelitiannya adalah penerapan sistem pengendalian manajemen yang memadai dan keefektifitasan pengendalian biaya produksi. Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui kememadaian penerapan sistem pengendalian manajemen 2. Untuk mengetahui keefaktifitasan pengendalian biaya produksi PT.PUPUK KUJANG CIKAMPEK 3. Untuk mengetahui manfaat penerapan sistem pengendalian manajemen terhadap keefektifitasan pengendalian biaya produksi Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus, sedangkan untuk memeperoleh data-data dilakukan penelitian lapangan yaitu melalui wawancara, observasi, dan kuesioner.salain itu juga dilakukan penelitian kepustakaan. Hasil tersebut dianalisis dan diperbandingkan dengan teori yang relevan. Dalam pembuktian hipotesis tersebut digunakan metode persentase dari Dean, J. Champion. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa PT. PUPUK KUJANG CIKAMPEK dalam menerapkan sistem pengendalian manajemennya telah memadai, sehingga biaya produksi menjadi cukup efektif. Hal ini dapat dilihat dari persentase jawaban kuesioner sebesar 88,3%. Jadi hipotesis yang penulis kemukakan, yaitu “ Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen Terhadap Keefektifitasan Penendalian Biaya Produksi “ dapa diterima. Saran yang dapat penulis berikan adalah sebaiknya perusahaan menetapkan pendelegasian wewenang agar dicapai pembagian pekerjaan yang manfaat.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2663
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 168.8Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 46.22Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 50.13Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 44.26Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 44.84Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 76.33Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 139.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 50.67Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 48.29Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record