PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA DAN BAGI HASIL TERHADAP DEPOSITO MUDHARABAH BANK SYARIAH MANDIRI (Studi Kasus pada Bank Syariah Mandiri Cabang Ir. H. Djuanda Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA DAN BAGI HASIL TERHADAP DEPOSITO MUDHARABAH BANK SYARIAH MANDIRI (Studi Kasus pada Bank Syariah Mandiri Cabang Ir. H. Djuanda Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA DAN BAGI HASIL TERHADAP DEPOSITO MUDHARABAH BANK SYARIAH MANDIRI (Studi Kasus pada Bank Syariah Mandiri Cabang Ir. H. Djuanda Bandung)
Author: Maryana, Ana
Abstract: Kegiatan perbankan di Indonesia secara hukum diatur oleh Undang- Undang Pokok Perbankan No.7 Tahun 1992 dan disempurnakan dengan Undang- Undang No.10 Tahun 1998. Perbedaan utama antara kegiatan bank berdasarkan prinsip syariah dengan bank konvensional pada dasarnya terletak pada sistem pemberian imbalan dan jasa dari dana yang dititipkan atau dipinjamkan. Menyimpan uang di bank merupakan kategori investasi. Besar kecilnya perolehan return tergantung pada hasil usaha yang benar-benar terjadi dan dilakukan bank sebagai pengelola dana. Oleh karena itu, bank syariah tidak hanya sekedar menyalurkan uang, tetapi bank syariah terus-menerus berusaha meningkatkan return on investment yang berupa tingkat bagi hasil. Penelitian ini mengenai volume deposito mudharabah Bank Syariah Mandiri dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat suku bunga dan bagi hasil terhadap deposito mudharabah. Penelitian ini menjelaskan volume deposito mudharabah yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut adalah tingkat suku bunga bank umum yang berupa persentase dan bagi hasil juga berupa persentase. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan time series yang dieproleh dari laporan keuangan Bank Syariah Mandiri dan Statistik Keuangan Bank Indonesia. Sampel yang digunakan sebanyak 30 dari bulan Januari 2007 sampai Juni 2009.Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Ordinary Least Square (OLS) atau metode kuadrat terkecil dengan model regresi linier multipel. Hasil dari penelitian ini memberikan penjelasan bahwa perkembangan tingkat suku bunga SBI, tingkat bagi hasil, dan volume deposito mudharabah berfluktuatif setiap bulannya. Selanjutnya, tingkat suku bunga berpengaruh positif tetapi tidak berpengaruh terhadap volume deposito mudharabah Bank Syariah Mandiri karena disaat bunga bank umum atau konvensional naik, maka nasabah tidak beralih ke bank konvensional untuk mendapatkan keuntungan, kemudian untuk bagi hasil mempunyai hubungan yang positif berpengaruh terhadap volume deposito mudharabah Bank Syariah Mandiri.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2662
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 41.97Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 22.72Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.83Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 30.98Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 51.58Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 133.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 25.91Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.00Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record