PENGARUH EFEKTIVITAS PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN TERHADAP DANA PERIMBANGAN DAERAH KABUPATEN GARUT ( Studi kasus pada Pemerintah Kabupaten Garut )

Widyatama Repository

PENGARUH EFEKTIVITAS PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN TERHADAP DANA PERIMBANGAN DAERAH KABUPATEN GARUT ( Studi kasus pada Pemerintah Kabupaten Garut )

Show full item record

Title: PENGARUH EFEKTIVITAS PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN TERHADAP DANA PERIMBANGAN DAERAH KABUPATEN GARUT ( Studi kasus pada Pemerintah Kabupaten Garut )
Author: Aditia, Nurman
Abstract: Pengaruh Efektivitas Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Terhadap Dana Perimbangan Daerah Kabupaten Garut (Studi kasus pada Pemerintah Kabupaten Garut) Pemerintah Daerah dituntut untuk mampu menjalankan roda pemerintahan dan membangun daerahnya secara mandiri, melalui otonomi seluas-luasnya yang diberikan oleh Pemerintah Pusat. Untuk mewujudkan kemandirian tersebut, pemerintah daerah berusaha meningkatkan dan menggali sumber-sumber keuangan baru karena sumber-sumber yang ada ataupun subsidi dari pusat belum mencukupi. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan efektivitas penerimaan dari pajak, karena perpajakan merupakan sektor penerimaan yang kondisinya dinamis sejalan dengan perkembangan dan pertumbuhan sosial ekonominya. Pajak secara garis besar dibagi atas 2 bagian yaitu pajak pusat dan pajak daerah. penelitian skripsi ini akan membahas pajak yang dikelola oleh pemerintah pusat yang hasil penerimaannya dibagi dengan daerah. Pajak yang penulis bahas adalah Pengaruh Efektivitas Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan terhadap Dana Perimbangan dengan melakukan penelitian di Pemerintah Kabupaten Garut, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Garut berpengaruh positif signifikan terhadap Dana Perimbangan. Penelitian ini bersifat deskriptif menggunakan bentuk penelitian studi kasus. Permasalahan ini dianalisis dengan menggunakan statistik parametrik dengan melakukan pengujian analisis regresi, analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis dengan dua variabel X (Efektivitas Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan) dan Variabel Y (Dana Perimbangan). Hasil dari penelitian menunjukan bahwa hubungan antara efektifitas penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan dengan Dana Perimbangan bernilai positif sebesar 0, 663. Sedangkan kontribusi Pajak Bumi dan Bangunan terhadap Dana Perimbangan sebesar 43,96% dan sisanya sebesar 56,04% adalah kontribusi dari faktor-faktor lain yang tidak diukur. Dalam pengujian hipotesis, diperoleh nilai thitung sebesar 2,505 dan t tabel sebesar 2,306 dengan tingkat kekeliruan 5%. Ini menunjukan bahwa nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel, maka H0 ditolak yaitu efektifitas penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap dana perimbangan daerah.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2659
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 49.77Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 63.53Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 65.81Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 71.43Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 75.00Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 102.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 164.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 69.30Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 68.19Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record