PERANAN AUDIT INVESTIGATIF DALAM MENGUNGKAP KECURANGAN (FRAUD) DANA BANTUAN SOSIAL PADA LEMBAGA PEMERINTAHAN (Studi kasus pada Kepolisian Daerah Jawa Barat)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INVESTIGATIF DALAM MENGUNGKAP KECURANGAN (FRAUD) DANA BANTUAN SOSIAL PADA LEMBAGA PEMERINTAHAN (Studi kasus pada Kepolisian Daerah Jawa Barat)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INVESTIGATIF DALAM MENGUNGKAP KECURANGAN (FRAUD) DANA BANTUAN SOSIAL PADA LEMBAGA PEMERINTAHAN (Studi kasus pada Kepolisian Daerah Jawa Barat)
Author: Ahadian, Medhi
Abstract: “ Peranan Audit Investigatif dalam Pengungkapan Kecurangan (Fraud) Dana Bantuan Sosial pada Lembaga Pemerintah “ (Analisis kasus di POLDA JABAR Jl. Soekarno-Hatta No 748. Bandung) Tidak ketatnya pengawasan dari pihak yang lebih berwenang atau dorongan untuk melakukan kecurangan, menjadikan faktor utama dalam terjadinya fraud. Internal control yang lemah bisa dikatakan sebagai kunci permasalahan dimana bisa terjadinya kecurangan disamping orang tersebut mempunyai kesempatan dan mempunyai dorongan untuk melakukan kecurangan tersebut. Dana Bantuan Sosial yang diberikan oleh Pemerintah kepada masyarakat yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat banyakpun tidak luput dari adanya suatu tindak korupsi dan penyimpangan, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peranan audit investigatif dalam mengungkap penyimpangan pada Dana Bantuan Sosial tersebut. Audit investigatif adalah audit yang menyangkut review dan pemeriksaan investigasi atas dokumentasi keuangan untuk suatu tujuan yang spesifik, yang bisa berhubungan dengan dukungan proses pengadilan dan klaim asuransi, seperti juga hal-hal kriminal. Sistem penyaluran dana bantuan sosial yang kurang transparan diyakini merupakan sumber utama bagi kebocoran anggaran, yang memungkinkan korupsi dan kolusi yang memberikan sumbangan besar terhadap kemunduran pelayanan bagi rakyat kurang mampu di indonesia. Besarnya dana bantuan mengesankan skala potensial masalah tersebut. Dalam penulisan skripsi ini, penulis mengadakan penelitian pada salah satu kasus yang ditangani oleh POLDA JABAR dengan mengadakan studi kasus secara langsung pada tempat tersebut. Penelitian ini menggunakan metode eksploratif yaitu penelitian yang sifatnya hanya melakukan eksplorasi dan berusaha mencari ide-ide atau hubungan-hubungan yang baru. Adapun variabel X dalam penelitian ini adalah Audit Investigatif dan variabel Y nya adalah penyimpangan pada Dana Bantuan sosial. Hipotesis yang diajukan oleh penulis dalam penelitian ini adalah “Audit investigatif berperan dalam mengungkap penyimpangan yang ada dalam Dana Bantuan sosial tersebut”. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah audit investigatif memang berperan dalam mengungkap penyimpangan yang ada dalam Dana Bantuan Sosial. Sehubungan dengan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, hipotesis yang semula diajukan dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2658
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 23.40Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.72Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 28.73Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 29.36Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 41.88Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 82.01Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 245.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 69.40Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.63Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record