PERANAN PENGENDALIAN INTERN DALAM EFEKTIVITAS PENAGIHAN PIUTANG PERUSAHAAN (Studi Kasus pada PT Putra Tama Wisata Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN PENGENDALIAN INTERN DALAM EFEKTIVITAS PENAGIHAN PIUTANG PERUSAHAAN (Studi Kasus pada PT Putra Tama Wisata Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN PENGENDALIAN INTERN DALAM EFEKTIVITAS PENAGIHAN PIUTANG PERUSAHAAN (Studi Kasus pada PT Putra Tama Wisata Bandung)
Author: Putra, Gilang Septa
Abstract: PERANAN PENGENDALIAN INTERN DALAM EFEKTIVITAS PENAGIHAN PIUTANG PERUSAHAAN Dalam suatu kegiatan perusahaan barang atau jasa terdapat dua macam cara penjualan antara lain penjualan secara tunai dan penjualan secara kredit. Dalam penjualan secara kredit akan menimbulkan suatu piutang bagi perusahaan, semakin besar penjualan kredit, maka semakin besar pada investasi perusahaan dalam bentuk piutang. Pengertian piutang itu sendiri adalah merupakan tuntutan (Claims) terhadap pihak tertentu yang penyelesaiannya diharapkan dalam bentuk kas selama kegiatan normal perusahaan. Sementara itu pengendalian internal adalah suatu proses yang dilaksanakan oleh dewan direksi, manajemen, dan personel lainnya dalam suatu entitas, yang dirancang untuk menyediakan keyakinan yang memadai berkenaan dengan pencapaian tujuan dalam kategori berikut : (1) Efektivitas dan efisiensi kegiatan, (2) Keandalan pelaporan keuangan, dan (3) Kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan pengendalian intern yang dilaksanakan oleh manajemen sebagai terhadap efektivitas penagihan piutang perusahaan di PT. Putra Tama Wisata. Berdasarkan rata-rata jawaban responden, diketahui bahwa pengendalian intern yang dilaksanakan oleh manajemen perusahaan di PT . Putra Tama Wisata sudah berjalan sangat efektif (rata-rata = 4.31) dengan mengukur tiap komponen dari pengendalian internal diantaranya lingkungan pengendalian, penilaian resiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, dan pemantauan. Berdasarkan rata-rata jawaban responden, diketahui bahwa proses penagihan piutang penjualan tiket domestic di PT. Putra Tama Wisata sudah dilaksanakan secara sangat efektif (rata-rata = 4.46).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2655
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 30.12Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 60.73Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 56.36Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 46.70Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 62.83Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 78.76Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 173.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 40.51Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 53.71Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record