PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBERIAN KREDIT PENSIUNAN ( Studi Kasus pada PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN), Tbk Kantor Cabang Pembantu Burangrang Bandung )

Widyatama Repository

PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBERIAN KREDIT PENSIUNAN ( Studi Kasus pada PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN), Tbk Kantor Cabang Pembantu Burangrang Bandung )

Show full item record

Title: PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBERIAN KREDIT PENSIUNAN ( Studi Kasus pada PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN), Tbk Kantor Cabang Pembantu Burangrang Bandung )
Author: Agustina, Evelyna
Abstract: Pengaruh Sistem Pengendalian Intern Terhadap Efektivitas Pemberian Kredit Pensiunan (Studi Kasus pada PT BTPN KCP Burangrang Bandung) Bank merupakan badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat serta menyalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit. Kredit merupakan pendapatan dari bank yang terbesar. Salah satu bentuk kredit yang dikeluarkan oleh bank adalah kredit pensiun. Selain keuntungan dari kredit yang besar, kredit mempunyai resiko yang besar pula. Resiko kredit yang utama adalah terjadinya kredit bermasalah. Untuk mencegah hal ini terjadi, maka diperlukan sistem pengendalian intern yang memadai. Hal ini disebabkan dengan adanya pengendalian intern maka risiko yang akan terjadi akan seminimal mungkin. Dari permasalahan yang sebelumnya telah diungkapkan, penulis mencoba untuk melakukan penelitian pada PT BTPN KCP Burangrang Bandung yang bergerak dalam bidang perbankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui memadai atau tidaknya pelaksanaan sistem pengendalian intern pada PT BTPN KCP Burangrang, untuk mengetahui efektif atau tidaknya pelaksanaan pemberian kredit pensiunan, dan untuk mengetahui pengaruh sistem pengendalian intern terhadap efektivitas pemberian kredit pensiunan pada PT BTPN KCP Burangrang Bandung. Penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus, yaitu penelitian atas data-data yang telah dikumpulkan melalui pembagian kuesioner dan wawancara yang dilakukan penulis, kemudian dianalisis dan diproses lebih lanjut berdasarkan teori yang telah dipelajari. Dari hasil penelitian dan pembahasan, uji korelasi antara variabel x dan variabel y sebesar 0.939 yang menunjukkan terdapat hubungan yang sangat kuat dan positif antara sistem pengendalian intern dengan efektivitas pemberian kredit pensiunan, karena berada pada interval 0.80-1.00. Hasil uji hipotesis didapat t hitung = 7,7228 dan nilai t tabel = 2,306. Karena nilai t hitung > t tabel ( 7,7228 > 2,306) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya hipotesis yang penulis ajukan yaitu Pengaruh Sistem Pengendalian Intern terhadap Efektivitas Pemberian Kredit Pensiunan dapat diterima. Penulis menyimpulkan bahwa pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern yang ada pada PT BTPN KCP Burangrang Bandung sangat memadai, pelaksanaan pemberian kredit pensiunan pada PT BTPN KCP Burangrang Bandung sangat efektif dan Sistem Pengendalian Intern berpengaruh positif terhadap efektivitas pemberian kredit pensiunan pada PT BTPN KCP Burangrang Bandung.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2654
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 15.96Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 34.20Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 87.90Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 247.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 41.92Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 28.14Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record