KONTRIBUSI PAJAK RESTORAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KOTA BANDUNG (Studi Kasus pada Kantor Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung)

Widyatama Repository

KONTRIBUSI PAJAK RESTORAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KOTA BANDUNG (Studi Kasus pada Kantor Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung)

Show full item record

Title: KONTRIBUSI PAJAK RESTORAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KOTA BANDUNG (Studi Kasus pada Kantor Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung)
Author: Rachmawati, Detty
Abstract: Faktor penunjang berjalannya system pemerintahan, pemerataan kesejahteraan serta sarana dan prasarana bagi masyarakat, dalam hal ini pemerintah memberlakukan adanya pungutan berupa pajak yang harus dilaksanakan oleh masyarakat. Dalam era globalisasi seperti sekarang ini, daerah memungkinkan untuk bisa mengolah, dan menyalurkan pajak menurut ketentuan Undang-undang yang berlaku. Dalam konteks ini, Kota Bandung memberlakukan pungutan pajak yang terdiri dari berbagai macam jenis pajak, salah satunya yaitu Pajak Restoran. Dinas Pendapatan Kota Bandung yang ditunjuk oleh pemerintah Kota Bandung untuk mengelola pendapatan berupa pajak. Penelitian ini mencoba mengetahui besarnya kontribusi Pajak Restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah, dengan menggunakan metode penelitian deskriptif yaitu suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi, suatu system pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Pada Dinas Pendapatan Kota Bandung sub bagian pajak, pajak yang diberi wewenang oleh pemerintah Kota Bandung antara lain Pajak Restoran. Disini “Kontribusi Pajak Restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah” signifikan, sektor ini memberikan peranan yang sangat penting bagi Pendapatan Asli Daerah yaitu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah guna untuk membiayai berbagai macam penyelenggaraan pembangunan daerah. Kontribusi pajak restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Bandung tahun 2004-2008 memiliki rata-rata sebesar 16,207% . Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kontribusi pajak restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Bandung di atas 14,89%, artinya bahwa pajak restoran memiliki kontribusi yang signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Bandung dan Pajak Restoran turut berkembang serta dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah yang manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat banyak.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2651
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 18.83Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 70.02Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.24Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 73.87Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 94.09Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 41.98Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 80.23Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 27.44Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 22.58Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record