PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA TOSERBA GRIYA PAHLAWAN BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA TOSERBA GRIYA PAHLAWAN BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA TOSERBA GRIYA PAHLAWAN BANDUNG
Author: Maesitoh, Siti
Abstract: Layanan dapat dikatakan baik atau berkualitas apabila bisnis yang dijalankan itu sesuai dengan apa yang diharapkan oleh perusahaan. Suatu layanan dapat dikatakan berkualitas apabila layanan yang diberikan suatu perusahaan dapat memuaskan para pelanggannya dan tingkat penjualan yang diharapkan oleh suatu perusahaan dapat tercapai, serta dapat mengukur loyalitas konsumen. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen pada Toserba Griya Pahlawan Bandung”. Tujuan penelitian untuk mengetahui pelayanan dan loyalitas konsumen di Toserba Griya serta seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen. Sedangkan metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dan metode korelasional dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan di Toserba Griya jalan Pahlawan Bandung dapat dikatakan baik, karena nilai rata-rata keseluruhan pernyataan adalah sebesar 3,75 berada pada interval 3,40 – 4,19. Sedangkan tingkat loyalitas konsumen di Toserba Griya jalan Pahlawan Bandung dapat dikatakan cukup tinggi, karena nilai rata-rata keseluruhan pernyataan adalah sebesar 3,29 berada pada interval 2,40 – 3,99. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen di Toserba Griya jalan Pahlawan berdasarkan perhitungan korelasi Rank Spearman, diperoleh nilai rs sebesar 0.587. Karena nilai rs berada diantara 0,40 – 0,599 maka hubungan antara kualitas pelayanan dengan loyalitas konsumen dapat dikatakan sedang. Sedangkan berdasaran perhitungan koefisien determinasi, bahwa Kualitas pelayanan Toserba Griya berpengaruh terhadap loyalitas Konsumen sebesar 34,45%, sedangkan sisanya sebesar sisanya sebesar 65,55% dapat disebabkan oleh pengaruh faktor-faktor lain seperti harga, program promosi. Dari perhitungan statistik uji t, nilai thitung = 9,96 lebih besar dari ttabel = 1,663, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen. Jadi hipotesis yang penulis ajukan pada bab I, yaitu ”terdapat pengaruh positif antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen”. dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2635
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 117.4Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 100.3Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 65.04Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 66.94Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 74.06Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 93.76Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 141.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 68.16Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 67.84Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record