PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PASIEN MENGGUNAKAN LAYANAN KESEHATAN PADA UNIT RAWAT JALAN RUMAH SAKIT AL-ISLAM BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PASIEN MENGGUNAKAN LAYANAN KESEHATAN PADA UNIT RAWAT JALAN RUMAH SAKIT AL-ISLAM BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PASIEN MENGGUNAKAN LAYANAN KESEHATAN PADA UNIT RAWAT JALAN RUMAH SAKIT AL-ISLAM BANDUNG
Author: Rakhmat, Sandi
Abstract: ABSTRAK Pengguna layanan menjadikan merek sebagai salah satu pertimbangan penting ketika hendak membeli suatu produk atau layanan. Pertimbangan tersebut didasari oleh banyak aspek, baik aspek yang rasional maupun emosional. Secara rasional, konsumen percaya bahwa merek tertentu bisa memberikan jaminan kualitas. Secara emosional, merek tersebut dianggap mampu menjaga atau meningkatkan citra dan gengsi penggunanya. Penelitian ini berjudul Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pasien Menggunakan Layanan Kesehatan Pada Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Al-Islam Bandung. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana kebijakan Brand Image,mengetahui tanggapan pasien mengenai Brand Image, untuk mengetahui tanggapan pasien mengenai keputusan menggunakan layanan kesehatan unit rawat jalan dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Brand Image terhadap keputusan penggunaan layanan kesehatan unit rawat jalan pada Rumah Sakit Al-Islam Bandung. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur, kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan Brand Image yang dilakukan oleh Rumah Sakit Al-Islam Bandung meliputi variasi produk rawat jalan, tarif rawat jalan, tingkat kepercayaan pasien dengan beberapa prestasi yang di raih, kompetensi dokter dan perawat yang masing-masing memiliki kemampuan yang baik serta nuansa yang Islami baik dari pelayanan maupun di lingkungan rumah sakit. Tanggapan pasien atas Brand Image Rumah Sakit Al-Islam Bandung dapat dikatakan baik, hal ini karena nilai rata-rata jawaban responden sebesar 3,83. Tanggapan pasien terhadap keputusan menggunakan layanan kesehatan unit rawat jalan pada Rumah Sakit Al-Islam Bandung dapat dikatakan tinggi, hal ini diperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,87. Pengaruh Brand Image terhadap keputusan menggunakan layanan kesehatan unit rawat jalan pada Rumah Sakit Al-Islam Bandung berdasarkan perhitungan koefisien determinasi sebesar 63,04% dan sisanya 36,96% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti oleh penulis misalnya promosi. Sedangkan berdasarkan hasil perhitungan korelasi Rank Spearman, diperoleh nilai rs sebesar 0,794. maka hubungan antara Brand Image dengan keputusan menggunakan layanan kesehatan unit rawat jalan dapat dikatakan kuat. Dari perhitungan uji hipotesis, nilai thitung = 9,04 lebih besar dari ttabel = 1,678 Ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka hipotesis”Brand Image berpengaruh positif terhadap keputusan pasien menggunakan layanan kesehatan yang ditawarkan Rumah Sakit Al-Islam Bandung”, dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2614
Date: 2013-02


Files in this item

Files Size Format View Description
Sandi Rakhmat_0207010.pdf 757.5Kb PDF View/Open PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PASIEN MENGGUNAKAN LAYANAN KESEHATAN PADA UNIT RAWAT JALAN RUMAH SAKIT AL-ISLAM BANDUNG

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record