PENGARUH ATRIBUT PRODUK CHICKEN KATSU DARI KEDAI KENCUR TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN

Widyatama Repository

PENGARUH ATRIBUT PRODUK CHICKEN KATSU DARI KEDAI KENCUR TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN

Show full item record

Title: PENGARUH ATRIBUT PRODUK CHICKEN KATSU DARI KEDAI KENCUR TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN
Author: Andika, Raditya
Abstract: Karakteristik suatu produk haruskah memiliki nilai lebih dibandingkan produk lain yang sudah beredar di pasar. Suatu produk, khususnya consumer goods harus memiliki keunggulan dan nilai lebih agar dapat membedakan dari produk pesaing. Salah satu kategori yang termasuk dalam consumer goods adalah Japanese Food. Dalam penelitian ini penulis mengambil judul Pengaruh Atribut Produk Chicken Katsu Dari Kedai Kencur Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana tanggapan konsumen mengenai atribut, untuk mengetahui bagaimana tanggapan konsumen mengenai minat beli ulang dan seberapa besar pengaruh atribut produk Chicken Katsu Kedai Kencur terhadap niat pembelian ulang. Sedangkan metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui studi lapangan dan studi literatur. Hasil penelelitian menunjukkan bahwa tanggapan konsumen terhadap atribut Chicken Katsu Kedai Kencur dapat dikatakan baik bahwa sebagian besar responden menjawab baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata keseluruhan pernyataan adalah 3,65 yang berada pada interval 3,40 - 4,19. Akan beberapa faktor yang perlu di perhatikan yaitu keempukan daging, enak/tidak enaknya rasa, penampilan, aroma, dan kekuatan aroma dalam membangkitkan selera, karena masing-masing memiliki nilai di bawah rata-rata. Tanggapan konsumen mengenai atribut Chicken Katsu dapat dikatakan tinggi, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata keseluruhan pernyataan adalah 3,78 yang berada pada interval 3,40 4,19. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian yaitu hasrat untuk memenuhi kebutuhan pangan dan merekomendasikan Kedai Kencur pada teman atau orang lain, karena nilainya di bawah rata-rata. Pengaruh atribut produk Chicken Katsu Kedai Kencur terhadap minat pembelian ulang berdasarkan hasil pengujian koefisien korelasi rank spearman diperoleh nilai sebesar 0,726 yang menunjukan hubungan yang kuat antara atribut produk dengan minat beli ulang konsumen. Besarnya pengaruh kualitas produk terhadap minat pembelian ulang sebesar 52,70%. Sedangkan sisanya 47,30% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian misalkan harga, promosi, saluran distribusi. Berdasarkan analisis uji hipotesis, didapat thitung sebesar 10,48 dan ttabel sebesar 1,663 dengan tingkat kekeliruan 5%. Ini menunjukan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel, ini berarti terdapat pengaruh positif antara atribut produk dengan minat pembelian ulang. Jadi hipotesis yang penulis ajukan pada bab I, yaitu : Jika Chicken Katsu Kedai Kencur ditingkatkan (dalam batas waktu tertentu), maka minat beli ulang akan meningkat . dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2599
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 7.727Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 36.18Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 113.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 240.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 34.99Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 27.04Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record