PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BARAYA TRAVEL (Survey Pada Konsumen Baraya Travel)

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BARAYA TRAVEL (Survey Pada Konsumen Baraya Travel)

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BARAYA TRAVEL (Survey Pada Konsumen Baraya Travel)
Author: Rifki, Muhammad
Abstract: Dalam penyusunan skripsi ini penulis melakukan penelitian pada Baraya Travel untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Baraya Travel. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode survei, dimana variabel yang akan diuji adalah variabel kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen, teknik pengumpulan data berupa penelitian lapangan dengan cara wawancara dan penyebaran kuesioner yang dilakukan dengan teknik accidental sampling. Sedangkan teknik pengolahan data menggunakan rumus korelasi rank spearman’s. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa tanggapan responden terhadap kualitas pelayanan baik, ini dapat dilihat dari nilai rata-rata sebesar 3,69 yang berada dalam interval 3,40 – 4,19. Dan tanggapan responden tentang kepuasan konsumen atas pelayanan juga baik, ini pun dapat dilihat dari nilai rata-rata sebesar 4,36 yang berada dalam interval 4,20 - 5,00. Selanjutnya, terdapat hubungan yang kuat antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen yaitu sebesar 0.625. Adapun besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen adalah 39%. Variabel y dapat di prediksi berdasarkan persamaan regresi Ŷ = -34,602 + 0,680 X . Dari persamaan regresi linier berganda diatas diperoleh nilai konstanta sebesar -34,602. Artinya, jika tingkat kepuasan konsumen tidak dipengaruhi oleh variabel bebasnya (Kualitas pelayanan), maka besarnya rata-rata tingkat kepuasan konsumen akan bernilai sebesar -34,602. Hasil pengujian hipotesis, diperoleh nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel yaitu 7,923 > 1,661, berdasarkan perbandingan dapat disimpulkan bahwa maka Ho ditolak atau berarti terdapat hubungan yang positif antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen atau hubungannya searah.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2594
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 778.8Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 1.495Mb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 1.132Mb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 1.137Mb PDF View/Open
Bab 1.pdf 1.523Mb PDF View/Open
Bab 2.pdf 1.851Mb PDF View/Open
Bab 5.pdf 830.0Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 1.127Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record