HUBUNGAN RETAIL MIX DENGAN PREFERENSI KONSUMEN PADA TEMPAT BERBELANJA BARANG KEBUTUHAN RUMAH TANGGA DI PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN (Berdasarkan Persepsi Konsumen di Kota Bandung)

Widyatama Repository

HUBUNGAN RETAIL MIX DENGAN PREFERENSI KONSUMEN PADA TEMPAT BERBELANJA BARANG KEBUTUHAN RUMAH TANGGA DI PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN (Berdasarkan Persepsi Konsumen di Kota Bandung)

Show full item record

Title: HUBUNGAN RETAIL MIX DENGAN PREFERENSI KONSUMEN PADA TEMPAT BERBELANJA BARANG KEBUTUHAN RUMAH TANGGA DI PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN (Berdasarkan Persepsi Konsumen di Kota Bandung)
Author: Hidayati, Nurul
Abstract: Nurul Hidayati, NPM 0208M19, judul skripsi “Hubungan retail mix dengan preferensi konsumen pada tempat berbelanja barang kebutuhan rumah tangga di pasar tradisional dan pasar modern di Kota Bandung”, di bawah bimbingan Ibu Sri Astuti Pratminingsih Pesatnya perkembangan sektor ritel khususnya dengan konsep modern, ternyata tidak saja membawa dampak positif bagi konsumen dengan kemudahan dan kenyamanan berbelanja. Namun juga memberi dampak negative bagi keberlangsungan peritel tradisional. Bagi sebagian konsumen, ritel modern memang memberikan alternative belanja yang menarik, selain menawarkan kenyamanan dan kualitas produk, harga yang ditetapkan pun cukup bersaing ketat dengan ritel tradisional. Di sisi lain, ritel tradisional masih harus berurusan dengan permasalahan klasik seputar pengelolaan yang kurang professional dan ketidaknyamanan berbelanja. Semua kelebihan yang ditawarkan ritel modern tersebut menjadi pendorong utama beralihnya konsumen dari ritel tradisional ke modern. Penelitian ini berjudul “Hubungan Preferensi Konsumen Terhadap pasar modern dan pasar tradisional pada Tempat Berbelanja Barang Kebutuhan Rumah Tangga”. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbandingan persepsi konsumen mengenai retail mix pada ritel tradisional dan retail modern, preferensi konsumen terhadap retail tradisional dan retail modern sebagai tempat berbelanja barang kebutuhan rumah tangga dan untuk mengetahui hubungan antara persepsi konsumen dan preferensi konsumen terhadap ritel tradisional dan ritel modern sebagai tempat berbelanja barang kebutuhan rumah tangga. Metode penelitian deskriptif dan metode korelasional. Sedangkan untuk menganalisis hubungan antara variabel digunakan metode verifikatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan responden mengenai perbandingan persepsi konsumen mengenai pada ritel tradisional dan ritel modern dapat diketahui tanggapan responden memiliki nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,86 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. Tanggapan responden mengenai preferensi konsumen terhadap ritel tradisional dan ritel modern sebagai tempat berbelanja barang kebutuhan rumah tangga dapat dikatakan tinggi yang memiliki nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,88 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. Hubungan antara persepsi konsumen dan preferensi konsumen terhadap retail tradisional dan retail modern sebagai tempat berbelanja barang kebutuhan rumah tangga berdasarkan hasil uji korelasi, maka diperoleh hasil rs antara hubungan retailing mix dengan preferensi konsumen adalah sebesar 0,554. dan berepngaruh sebesar 30,6%, sisanya sebesar 70,1%. Dari perhitungan statistik uji thit = 6,47 lebih besar dari ttabel = 1.66, maka Ha diterima dan Ho di tolak. Ini berari hipotesis yang dikemukakan yaitu “Terdapat Hubungan Positif Antara Persepsi Konsumen Atas Retail Mix dengan Preferensi Konsumen Terhadap Tempat Berbelanja Barang Kebutuhan Rumah Tangga” dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2592
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 53.85Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 68.26Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 96.61Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 130.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 75.45Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 69.10Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record