PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PERUSAHAAN SANDAL ESTERLIE BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PERUSAHAAN SANDAL ESTERLIE BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PERUSAHAAN SANDAL ESTERLIE BANDUNG
Author: Maisaroh, Nurani Siti
Abstract: Dalam Penelitian ini penulis memberi judul : Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Perusahaan Sandal Esterlie. Dimana tujuan penulis adalah ingin mengetahui bagaimana kebijakan atribut produk yang dilaksanakan oleh Perusahaan Sandal Esterlie, bagaimana tanggapan konsumen mengenai atribut produk Perusahaan Sandal Esterlie, bagaimana keputusan pembelian konsumen atas produk Perusahaan Sandal Esterlie, dan seberapa besar pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian pada Perusahaan Sandal Esterlie. Ruang lingkup penelitian ini dibatasi hanya mengenai pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada perusahaan sandal Esterlie, dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sedangkan untuk pengujian hipotesis hubungan antara kedua variabel diatas, digunakan analisis korelasi dan uji t yang penilaiannya menggunakan metode Rank Spearman. Dari hasil pengujian tersebut dapat ditarik kesimpulan apakah hipotesis dapat diterima atau ditolak. Sedangkan instrumen penelitian (kuesioner) sudah diuji terlebih dahulu mengenai validitas (kesahihan butir) dan reliabilitasnya, untuk rumus korelasi digunakan Product Moment dengan = 0,05, sedangkan dalam uji reliabilitas digunakan rumus Spearman Brown (teknik ganjil genap). Dalam penelitian ini penulis menyebarkan 50 kuesioner kepada 50 orang yang pernah membeli produk sandal Esterlie di wilayah Kodya Bandung, dimana pemilihan responden dilakukan secara non random sampling dengan metode sampling aksidental. Data yang didapat berupa data ordinal, sedangkan korelasi yang digunakan adalah skor median. Untuk uji validitas dan uji realibilitasnya pertanyaan pertanyaan dalam kuesioner yang disebarkan sudah cukup baik (dapat diandalkan) karena mempunyai reliabilitas 0,940 untuk variabel X dan 0,865 untuk variabel Y, dimana keduanya diatas 0,60. Berdasarkan hasil penelitian tanggapan konsumen mengenai atribut produk Perusahaan Sandal Esterlie dapat dikatakan baik, karena nilai rata-rata dari keseluruhan pernyataan adalah sebesar 3,95 berada pada interval 3,40 4,19. Sedangkan keputusan pembelian konsumen atas produk perusahaan Sandal Esterlie dapat dikatakan tinggi, karena nilai rata- rata dari keseluruhan pernyataan adalah sebesar 3,96 berada pada interval 3,40 4,19. Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian pada Perusahaan Sandal Esterlie, berdasarkan hasil uji korelasi rank spearman diperoleh nilai rs sebesar 0.702. Karena nilai rs berada diantara 0,60 0,799 maka hubungan antara atribut produk dengan keputusan pembelian dapat dikatakan kuat. Sedangkan hasil uji koefisien determinasi sebesar 49,28%, artinya keputusan pembelian konsumen pada Sandal Esterlie dipengaruhi oleh atribut produk sebesar 49,28%, sedangkan sisanya 50,72% dapat disebabkan oleh pengaruh faktor-faktor lain yang tidak diteliti seperti harga, promosi. Dari hasil uji hipotesis didapatkan nilai thitung 6,81 lebih besar dari ttabel 1,678, maka Ha diterima dan Ho ditolak dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan, yaitu: Atribut produk mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen pada perusahaan sandal ESTERLIE dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2588
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 7.872Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 39.01Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 106.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 180.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 41.16Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 29.96Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record