PENGARUH BRAND PERCEIVED QUALITY TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA SPBU PETRONAS DAGO BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH BRAND PERCEIVED QUALITY TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA SPBU PETRONAS DAGO BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH BRAND PERCEIVED QUALITY TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA SPBU PETRONAS DAGO BANDUNG
Author: Pramanda, Novan
Abstract: Dalam penelitian ini penulis mengambil judul Pengaruh Brand Perceived Quality Terhadap Minat Beli Konsumen Pada SPBU Petronas Dago Bandung . Tujuan dari penelitian yang dilakukan penulis adalah untuk mengetahui tanggapan konsumen atas brand perceived quality SPBU Petronas Dago Bandung dan untuk mengetahui besarnya pengaruh antara brand perceived quality tersebut dengan minat beli konsumen. Untuk mengukur dan menganalisa hubungan antara kedua variabel di atas, penulis menyebarkan kuesioner pada 100 orang. Kemudian dari hasil tanggapan responden tersebut dilakukan analisis dengan menggunakan metode statistik dengan Korelasi Rank Spearman, Statistik Uji t, dan Koefisien Determinasi r. Dari hasil penelitian bahwa tanggapan konsumen atas brand perceived quality SPBU Petronas Dago Bandung adalah baik, yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata secara keseluruhan atas pernyataan responden terhadap brand perceived quality SPBU Petronas Dago Bandung adalah 4,15 dan nilai rata-rata secara keseluruhan atas nilai responden terhadap minat beli konsumen adalah 3,88. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan brand perceived quality terhadap minat beli konsumen adalah rendah yaitu sebesar 0,393 dan mempunyai hubungan yang searah, maka hipotesis yang diajukan penulis, yaitu : Brand perceived quality berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen pada SPBU Petronas Dago Bandung dapat diterima. Besarnya kontribusi brand perceived quality terhadap minat beli konsumen adalah 15.45%, dan sisanya yaitu sebesar 84.55% oleh penulis dianggap faktor lain yang tidak termasuk dalam bagian penelitian ini. Sedangkan uji signifikasi t adalah sebesar 4,23. Penulis mengajukan saran agar SPBU Petronas Dago Bandung untuk lebih meningkatkan brand perceived quality mereka misalnya dengan melakukan promosi-promosi, sehingga akan lebih memberikan keyakinan kepada konsumennya, dimana akan memberikan nilai lebih bagi brand perceived quality SPBU Petronas Dago Bandung itu sendiri serta memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai perbedaan bahan bakar yang mengandung oktan lebih tinggi dan manfaatnya terhadap kendaraan bermotor.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2586
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 12.55Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 33.69Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 178.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 271.9Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 36.01Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record