PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DAN RAWAT INAP RUMAH SAKIT OTORITA BATAM

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DAN RAWAT INAP RUMAH SAKIT OTORITA BATAM

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DAN RAWAT INAP RUMAH SAKIT OTORITA BATAM
Author: PUTI, WIDYA CHITAMI
Abstract: ABSTRAK Dalam penelitian ini yang berjudul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap Dan Rawat Jasa Rumah Sakit Otorita Batam”,penulis meneliti apakah ada hubungan yang positif antara kualitas jasa dan kepuasan dengan loyalitas pasien rawat inap dan rawat jalan rumah sakit otorita batam. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: Kualitas pelayanan rawat jalan dan rawat inap yang diterapkan di Rumah Sakit Otorita Batam, Kepuasan pasien terhadap loyalitas Rumah Sakit Otorita Batam, dan Besar pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien rawat jalan dan rawat inap Rumah Sakit Otorita Batam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif melalui pendekatan survey. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan metode probability sampling, yaitu suatu teknik penarikan sampel yang memberikan kesempatan yang sama pada setiap anggota populasi untuk terpilih menjadi sampel. Dengan ukuran populasi (N) = 41024, maka jumlah pasien rawat inap yang akan dijadikan responden dihitung menggunakan rumus Slovin (Suliyanto, 2006:100) jumlah responden penelitian ini dengan tingkat kesalahan sebesar 10% (tingkat kepercayaan 90 %) adalah 100 responden. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi rank spearman didapat sebesar 0,766 artinya variabel kualitas pelayanan (X1), dan kepuasan (X2) memiliki keeratan hubungan yang kuat dengan Loyalitas Pasien (Y) Rawat Jalan Dan Rawat Inap Rumah Sakit Otorita Batam. Perhitungan koefisien determinasi dalam persen diperoleh hasil sebesar 58,6%, artinya variabel kualitas pelayanan (X1), dan kepuasan (X2) mempunyai pengaruh terhadap loyalitas pasien, sebesar 58,6% dan sisanya 41,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa nilai Fhitung (68,740) > Ftabel (3, 232) artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian kualitas pelayanan (X1), dan kepuasan (X2) berpengaruh positif terhadap loyalitas pasien (Y) Rawat Jalan Dan Rawat Inap Rumah Sakit Otorita Batam. Kata Kunci: kualitas, kepuasan, loyalitas, pelayanan
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2576
Date: 2013-02


Files in this item

Files Size Format View Description
widya chitami p 0208149.pdf 1.198Mb PDF View/Open PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DAN RAWAT INAP RUMAH SAKIT OTORITA BATAM

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record