EFEKTIFITAS VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PT. ABC

Widyatama Repository

EFEKTIFITAS VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PT. ABC

Show full item record

Title: EFEKTIFITAS VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PT. ABC
Author: Nurlaela, Tresna Siti
Abstract: ABSTRAK Tresna Siti Nurlaela, 0208141 “ Efektifitas Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian PT.ABC” Skripsi 2013 Fakultas Bisnis Dan Managemen Universitas Widyatama. Dibimbing oleh Sri Wiludjeng. S.P.,S.E.,M.P. Pertumbuhan perekonomian saat ini tidak terlepas dari pesatnya pertumbuhan bisnis, baik di sector kecil, menengah dan besar. Hal ini tidak terlepas dari peranan teknologi yang terus berkembang di Indonesia. Perkembangan teknologi menghasilkan sebuah gagasan inovasi yang pada akhirnya dapat mendorong perkembangan di dalam dunia bisnis salah satunya adalah kegiatan pemasaran (marketing). Salah satu strategi yang sedang berkembang adalah Viral Marketing atau disebut juga WOM (Word of Mouth Marketing). Viral Marketing adalah sebuah pesan berantai yang disebarkan secara terus menerus oleh setiap orang. Viral Marketing adalah sebuah upaya promosi yang memanfaatkan kekuatan berita dari mulut ke mulut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektifitas pelaksanaan viral marketing yang dilakukan PT ABC resort and spa serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh efektifitas viral marketing terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif yaitu suatu metode yang melihat dan menggambarkan keadaan perusahaan secara sistematis, factual dan akurat dengan cara mengumpulkan data dari perusahaan, menganalisanya dan akhirnya mengambil suatu kesimpulan, sampel yang ditetapkan adalah 109 responden dari populasi yang tersedia. Tanggapan responden terhadap viral marketing yang dilakukan PT ABC berdasarkan hasil kuesioner dilihat dari rata-rata sebesar 81.09%. Hal ini menunjukkan bahwa viral marketing yang dilaksanakan PT ABC dikatakan efektif, karena berada pada interval > 68% s/d 84%. Tanggapan responden terhadap keputusan pembelian atas efektifitas viral marketing yang diberikan berdasarkan hasil kuesioner yang dilihat dari rata-rata sebesar 80.47% dan berada pada interval > 68% s/d 84%.yang berarti hasilnya efektif dan bahwa keputusan pembelian konsumen di PT ABC melalui viral marketing cukup tinggi Analisis Mann Whitney menjelaskan bahwa sebanyak 18 orang menunjukan tidak akan membeli dan 91 orang akan membeli. Sedangkan untuk uji signifikansinya menunjukan nilai Assimp. Sig (2 tailed) pada alternative test alternative 0.000 ≤ 0.05 level of significant (α), maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (H1) diterima. Hasil analisis regresi linier sederhana menjelaskan bahwa untuk pengaruh antara efektifitas viral marketing terhadap keputusan pembelian, menunjukan pengaruh yang signifikan (56.4%), hal ini menunjukan pengertian bahwa keputusan pembelian (Y) dipengaruhi sebesar 56.4% oleh viral marketing (X), sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain. Nilai t hitung > t table, atau 11.764 > 1.659, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya signifikan. Ini berarti terdapat pengaruh positif antara efektifitas viral marketing terhadap keputusan pembelian konsumen. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan, yaitu : “Efektifitas Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen PT ABC.”, dapat diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah efektifitas pelaksanaan viral marketing PT ABC cukup efektif. Namun disarankan agar pelaksanaan viral marketing lebih ditingkatkan dan gencar sehingga keputusan pembelian konsumen akan lebih cepat untuk diputuskan, sehingga PT ABC yang akan menjadi pilihannya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2575
Date: 2013-02


Files in this item

Files Size Format View Description
COVER.pdf 25.22Kb PDF View/Open cover
BAB 5.pdf 71.69Kb PDF View/Open BAB V
BAB I.pdf 202.8Kb PDF View/Open BAB I
BAB III .Pdf 250.6Kb PDF View/Open BAB III
BAB IV.pdf 465.4Kb PDF View/Open BAB IV
BAB II.pdf 686.1Kb PDF View/Open BAB II
DAFTAR PUSTAKAHARDFIX.pdf 43.28Kb PDF View/Open daftar pustaka

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record