PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK BRI (PERSERO) CABANG DUMAI
No Thumbnail Available
Date
2009
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Dalam usaha mengatasi persaingan perbankan yang semakin ketat maka
perbankan berupaya meningkatkan kepuasan nasabahnya terutama dalam
penghimpunan dana. Suatu bank harus melakukan kegiatan pelayanan yang dapat
membuat nasabahnya merasa puas baik dari segi pelayanan teller yang cepat dan
teliti, pelayanan Customer service yang beretika ramah dan sopan santun sehingga
memberikan kenyamanan bagi nasabah yang akan melakukan transaksi.
Pentingnya kualitas pelayanan customer service tabungan yang diberikan
kepada nasabah tabungan Bank BRI Cabang Dumai dirasa sangat penting. Hal ini
dapat dilihat dari persentase jawaban yang diberikan responden pada masingmasing
indikator pengaruh kualitas pelayanan customer service melalui kuesioner
yang disebarkan kepada nasabah tabungan Bank BRI Cabang Dumai, yaitu
sebesar 4,35 diperoleh nilai rata-rata keseluruhan mengenai kualitas pelayanan
customer service Bank BRI Cabang Dumai dirasakan sangat puas karena berada
pada interval 4,20
5,00. Adapun nilai rata-rata tertinggi yang diperoleh adalah
sebesar 4,51 yang menyatakan sangat puas terdapat pada pernyataan Customer
Service dapat menjamin kerahasiaan transaksi. Sedangkan nilai rata-rata terendah
diperoleh sebesar 4,09 yang terdapat pada pernyataan mengenai kecepatan
Customer Service dalam menyelesaikan masalah. Hal ini menunjukkan bahwa
kecepatan yang diberikan customer service dalam melayani nasabah merupakan
faktor utama dan penting dalam kualitas pelayanan customer service yang
mempengaruhi kepuasan pelanggan.
Tanggapan pelanggan mengenai tingkat kepuasan nasabah atas pelayanan
customer service menyatakan sangat puas, terlihat dari perolehan nilai rata-rata
keseluruhan mengenai kepuasan nasabah Bank BRI Cabang Dumai, yaitu sebesar
4,08 yang berarti bahwa kepuasan nasabah baik, karena berada pada interval 3,40
4,19. Adapun nilai rata-rata tertinggi yang diperoleh adalah sebesar 4,51 yang
terdapat pada pernyataan mengenai, jaminan kerahasiaan yang diberikan bank
kepada nasabah, sedangkan nilai rata-rata terendah sebesar 3,67 terdapat pada
pernyataan mengenai kecepatan customer service Bank BRI Cabang Dumai.
Bahwa kualitas pelayanan customer service yang dilaksanakan dengan
baik akan berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah Bank BRI Cabang
Dumai. Hubungan antara kualitas pelayanan customer service dengan kepuasan
kepuasan nasabah Bank BRI Cabang Dumai berdasarkan hasil perhitungan
koefisiensi rank spearman sebesar 0,612, hal ini menunjukan bahwa antara
pelaksanaan program kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah memiliki
hubungan yang sedang, karena berada pada interval 0,60-0,799, dengan demikian
pengaruh kualitas pelayanan customer service terhadap kepuasan nasabah Bank
BRI Cabang Dumai adalah cukup kuat. Serta diperoleh koefisien determinasi
sebesar 37,5%, artinya kepuasan nasabah tabungan Bank BRI Cabang Dumai
dipengaruhi sebesar 37,5% oleh kualitas pelayanan customer service, sisanya
sebesar 62,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diukur. Dengan demikian
hipotesis bahwa kualitas pelayanan customer service perpengaruh positif terhadap
kepuasan nasabah tabungan Bank BRI Cabang Dumai dapat diterima.
Description
Keywords
Kualitas Pelayanan