PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN PADA KEMASAN TERHADAP NIAT BELI ULTRA MILK (Survei pada Alfamart Dago Atas wilayah Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN PADA KEMASAN TERHADAP NIAT BELI ULTRA MILK (Survei pada Alfamart Dago Atas wilayah Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN PADA KEMASAN TERHADAP NIAT BELI ULTRA MILK (Survei pada Alfamart Dago Atas wilayah Bandung)
Author: Alam, Mardani Gambar
Abstract: Keputusan pembelian yang tidak direncanakan terlebih dahulu mengakibatkan konsumen menentukan keputusan pembelian produknya di outlet dimana produk tersebut berada menurut kata hati (buying impulsive) yang dipengaruhi oleh persepsi konsumen terhadap produk. Kemasan Ultra Milk dapat memberikan gambaran awal mengenai suatu produk, baik itu dari segi kualitas maupun nilai produk yang ditawarkan. Persepsi atau pandangan dapat mempengaruhi penilaian konsumen pada kemasan Ultra Milk, kemasan sebagai titik awal yang dipandang oleh konsumen, selain pelindung isi produk, kemasan dituntut untuk dapat menarik perhatian konsumen dari visualisasi dan nilai kepraktisan kemasan. Tanggapan konsumen mengenai keputusan pembelian Ultra Milk sebesar 3,83 artinya bahwa keputusan pembelian konsumen pada produk Ultra Milk dapat dinilai tinggi/baik, karena nilai rata-rata keseluruhan pernyataan adalah sebesar 3,83 berada pada interval 3,40 4,19. Namun masih ada yang perlu mendapat perhatian pada pernyataan keindahan desain kemasan Ultra Milk tepat bila dijadikan pertimbangan keputusan pembelian , karena memiliki nilai yang rendah yaitu 3,63. Besarnya pengaruh persepsi konsumen pada kemasan terhadap keputusan pembelian Ultra Milk berdasarkan perhitungan korelasi Rank Spearman, diperoleh nilai rs sebesar 0,852. Karena nilai rs berada diantara 0,76 1,00. Sehingga dapat dikatakan bahwa persepsi konsumen pada kemasan terhadap keputusan pembelian memiliki hubungan yang kuat/tinggi. Sedangkan berdasaran perhitungan koefisien determinasi, bahwa persepsi konsumen pada kemasan terhadap keputusan pembelian Ultra Milk sebesar 72,59%, sementara sisanya sebesar 27,41% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diukur. Dari perhitungan statistik uji t, nilai thitung 14,46 lebih besar dari ttabel 1,662, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Ini berarti terdapat pengaruh antara persepsi konsumen pada kemasan dengan keputusan pembelian Ultra Milk. Dengan demikian hipotesis yang diajukan yaitu Persepsi Konsumen pada Kemasan dapat berpengaruh terhadap keputusan pembelian Ultra Milk dapat diterima. Kata kunci: persepsi konsumen pada kemasan, keputusan pembelian, penelitian verifikatif, rs sebesar 0,852, konsumen Ultra Milk.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2568
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 11.48Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 34.66Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 148.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 289.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 41.79Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 45.81Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record