PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA HOTEL TIRTAGANGGA GARUT

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA HOTEL TIRTAGANGGA GARUT

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA HOTEL TIRTAGANGGA GARUT
Author: Y.P. Haekal, M
Abstract: Melihat adanya peluang yang baik dalam industri pariwisata, banyak para pengusaha yang memanfaatkannya. Hal ini tampak dengan bermunculan hotelhotel baru yang telah siap untuk bersaing dengan hotel-hotel lain yang telah ada di dalam pasar. Dengan persaingan yang semakin ketat, maka suatu hotel dituntut untuk benar-benar memahami dinamika selera konsumen yang menjadi target pasarnya dan bagaimana cara memuaskan konsumen. Salah satu caranya dengan memberikan kualitas jasa yang baik, maka konsumen merasa puas akan kebutuhannya terpenuhi, sehingga akan memberikan dampak yang besar bagi perusahaan yaitu loyalitas yang tinggi kepada perusahaan. Berdasarkan dari permasalahan tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Tirtagangga Garut . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan pelanggan terhadap kualitas jasa dan kepuasan konsumen serta untuk menganalisis pengaruh kualitas jasa terhadap kepuasan konsumen Hotel Tirtagangga Garut. Tipe penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil, tetapi data yang dipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi tersebut. Sampel yang diambil adalah sebanyak 30 responden, yang merupakan tamu hotel yang menginap di Hotel Tirtagangga Garut. Pengujian koefisien korelasi digunakan untuk mengetahui seberapa besar hubungan kualitas jasa terhadap kepuasan konsumen Hotel Tirtagangga Garut. Rumus yang digunakan oleh penulis adalah korelasi Rank Spearman. Dari perhitungan, diperoleh koefisien korelasi , hal ini menunjukkan bahwa hubungan kualitas jasa (variabel X) dan kepuasan konsumen (variabel Y) di Hotel Tirtagangga Garut sangat kuat. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh sebesar 94 %. Hal ini berarti pengaruh kualitas jasa terhadap kepuasan konsumen sebesar 94 % sedangkan sisanya 6 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Hasil uji statistik diperoleh , sehingga hipotesis yang penulis ajukan yaitu Kualitas jasa berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen . Dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2567
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 8.006Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 57.57Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 35.96Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 73.88Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 234.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 46.41Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 28.98Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record