PENGARUH PESAN IKLAN (MESSAGE) KARTU XL PRA BAYAR TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PT. XL AXIATA,TBK DI KOTA BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH PESAN IKLAN (MESSAGE) KARTU XL PRA BAYAR TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PT. XL AXIATA,TBK DI KOTA BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH PESAN IKLAN (MESSAGE) KARTU XL PRA BAYAR TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PT. XL AXIATA,TBK DI KOTA BANDUNG
Author: Amijaya, Zulkarnain Suria
Abstract: Operator seluler banyak yang bermunculan kini. Perusahaan-perusahaan bersaing dalam usaha memenangkan persaingan diantara sekian banyak operator seluler di Indonesia. Iklan merupakan salah satu promosi yang dianggap paling efektif dalam mempromosikan suatu produk. Hal ini menjadi kesempatan yang baik bagi perusahaan-perusahaan untuk bersaing khususnya yang ada di kota Bandung. Sangatlah penting untuk memperhatikan dengan seksama segala bentuk pesan iklan yang akan ditampilkan, karena dengan pesan iklan perusahaan dapat mengkomunikasikan produknya kepada konsumen atau khalayak sasarannya agar mereka dapat mengenal sekaligus membujuk mereka untuk membeli. Penelitian ini berjudul Pengaruh Pesan Iklan (message) Kartu XL Pra Bayar Terhadap Minat Beli Konsumen PT. XL Axiata,Tbk di Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan konsumen mengenai pesan iklan (message) Kartu XL Pra Bayar, untuk mengetahui bagaimana minat beli konsumen untuk membeli Kartu XL Pra Bayar, dan seberapa besar pengaruh pesan iklan (message) Kartu XL Pra Bayar terhadap minat beli konsumen. Variabel yang diuji dalam penelitian ini adalah pesan iklan Kartu XL Pra Bayar sebagai variabel bebas (independen) dan minat beli konsumen sebagai variabel tidak bebas (dependen). Sedangkan data yang diperlukan diperoleh dari wawancara, pengamatan, kuesioner, dan pencatatan dari sumber-sumber tertulis dari perusahaan yang kemudian diolah dan dianalisis serta dibandingkan dengan teori-teori yang didapatkan dari berbagai literatur. Responden yang ditetapkan adalah konsumen atau pelanggan yang berminat memakai kartu perdana XL Pra Bayar atau yang berminat melakukan pembelian ulang Kartu XL Pra Bayar di wilayah Kota Bandung, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengolahan data yang digunakan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi/hubungan antar kedua variabel adalah dengan menggunakan korelasi rank spearmen (rs). Koefisien determinasi digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel pesan iklan (message) Kartu XL Pra Bayar terhadap minat beli konsumen PT. XL Axiata,Tbk di Kota Bandung, dan pengujian hipotesis menggunakan uji statistik z. Sedangkan instrumen penelitian (kuesioner) sudah diuji terlebih dahulu mengenai validitas (kesasihan butir kuesioner) dan reliabilitasnya, untuk rumus korelasi digunakan Product Moment dengan α = 0,05, sedangkan dalam uji reliabilitas digunakan rumus Spearman (teknik ganjil genap) dan pembanding alpha dengan cronbach alpha melalui SPSS. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah simple random sampling. Data yang didapat berupa data ordinal, untuk uji validitas dan uji reliabilitasnya pernyataan-pernyataan dalam kuesioner yang disebarkan sudah cukup baik karena mempunyai reliabilitas 0,916 untuk variabel X dan 0,880 untuk variabel Y, dimana kedua hasil alpha diatas 0,6 (cronbach alpha). Berdasarkan hasil pengolahan data kuesioner, didapat hasil yang menunjukkan bahwa pesan iklan Kartu XL Pra Bayar mempunyai hubungan yang cukup kuat dengan minat beli konsumen pada PT. XL Axiata,Tbk di Kota Bandung, yang ditunjukkan dengan nilai rs = 0,756. Analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa pesan iklan (message) Kartu XL Pra Bayar berpengaruh terhadap minat beli konsumen PT. XL Axiata,Tbk di Kota Bandung sebesar 57,15%. Pengujian hipotesis menyatakan bahwa nilai signifikansi 0,000 ≤ α (= 0,05) yang berarti daerah penolakan H0 dengan demikian asumsi yang diajukan penulis, yaitu terdapat hubungan (korelasi) positif atau pengaruhnya searah antara pesan iklan (message) dengan minat beli konsumen, dapat diterima. Dengan demikian dapat diketahui bahwa pesan iklan (message) Kartu XL Pra Bayar mempunyai pengaruh cukup kuat terhadap minat beli konsumen PT. XL Axiata,Tbk di Kota Bandung.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2565
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 20.37Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 32.79Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 52.29Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 36.67Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 45.81Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 80.19Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 172.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 48.02Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 33.94Kb PDF View/Open
Lampiran.pdf 217.2Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record