PENGARUH DISPLAY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA DISTRO DIABOLIC BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH DISPLAY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA DISTRO DIABOLIC BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH DISPLAY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA DISTRO DIABOLIC BANDUNG
Author: Mustika, Ike
Abstract: Fenomena yang sedang terjadi saat ini adalah popularitas distro dan clothing sangat melesat lalu menjadi pilihan banyak orang terutama remaja dan anak muda dalam berbelanja karena segala macam barang mulai dari t-shirt, kemeja, celana panjang, celana pendek, jacket, tas, dompet hingga berbagai macam pernak-pernik ditawarkan dengan harga yang terjangkau, desain yang up to date, dan berkualitas. Maka tak heran jika di kota Bandung banyak bermunculan distro dan clothing. Salah satu strategi pemasaran yang dilakukan oleh Distro Diabolic adalah pelaksanaan display yang baik. Display atau penempatan tata letak rak pajangan sangat membantu dalam penjualan produk. Produk yang dipajang pada tempat yang mudah dilihat konsumen dengan tata letak yang menarik akan membantu konsumen untuk mencari barang yang dibutuhkan. Hal tersebut dilakukan oleh Distro Diabolic untuk menarik minat konsumen untuk berkunjung ke Distro Diabolic dan melakukan pembelian. Pelaksanaan Display yang dilakukan oleh Distro Diabolic Bandung dibagi dalam beberapa jenis seperti Window Display, Interior Display dan Exterior Display. Bentuk interior display yang diterapkan pada Distro Diabolic terdiri dari Merchandise display, Store Sign Display, Assortment displays, Theme Setting Displays, Ensemble displays, Rack Displays dan Cut-Case Displays. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh informasi bahwa display dapat diterima dengan baik oleh responden. Hal ini berdasarkan rata-rata yang didapat yaitu sebesar 4,01. Jadi, tanggapan responden mengenai display secara keseluruhan adalah setuju, karena rata-rata secara keseluruhan berada pada interval 3,40-4,19. Keputusan pembelian konsumen berdasarkan hasil pengolahan data, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar responden menyatakan setuju dengan pernyataan mengenai keputusan pembelian konsumen, karena sebagian besar pernyataan ditanggapi oleh responden secara positif terlihat dengan rata-rata keseluruhan 3,98 berada pada interval 3,40-4,19. Pengaruh display terhadap keputusan pembelian konsumen berdasarkan uji korelasi Rank Spearman diperoleh hasil sebesar 0,960, nilai tersebut dalam interpretasi koefisien korelasi menunjukan bahwa terdapat hubungan yang cenderung kuat antara dua variabel dan mempunyai hubungan yang searah. Sedangkan pengaruh display (variabel X) terhadap keputusan pembelian konsumen (variabel Y) dapat diketahui dengan menggunakan koefisien determinasi (kd) yaitu sebesar 92,16%, dan sisanya yaitu sebesar 7,84% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain misalnya: harga, promosi dan faktor-faktor lainnya, dan dengan menggunakan perhitungan uji statistik t, didapat thitung sebesar 23,75 dan ttabel sebesar 1,678 dengan tingkat kekeliruan 5%. Ini menunjukan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel, yang berarti display memiliki pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian konsumen pada Distro Diabolic Bandung. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan yaitu display berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2553
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 15.83Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 37.10Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 82.15Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 193.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 39.47Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 28.48Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record