PENGARUH ATRIBUT JASA PENDIDIKAN TINGGI TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS MAHASISWA DI UNIVERSITAS WIDYATAMA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Manajemen S1 dan D3)

Widyatama Repository

PENGARUH ATRIBUT JASA PENDIDIKAN TINGGI TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS MAHASISWA DI UNIVERSITAS WIDYATAMA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Manajemen S1 dan D3)

Show full item record

Title: PENGARUH ATRIBUT JASA PENDIDIKAN TINGGI TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS MAHASISWA DI UNIVERSITAS WIDYATAMA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Manajemen S1 dan D3)
Author: Sofia, HJ. Pratami Siti
Abstract: Hj Pratami Siti Sofia, Pengaruh Atribut Jasa Pendidikan Tinggi terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa Di Universitas Widyatama di bawah bimbingan Iwan Ridwansyah, S.E., M.M. Perguruan tinggi merupakan salah satu lembaga yang secara formal diserahi tugas dan tanggung jawab mempersiapkan mahasiswa sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, yaitu mengisi kebutuhan masyarakat akan tersedianya tenaga ahli dan terampil dengan tingkat dan jenis kemampuan yang sangat beragam. Model pengelolaan lembaga perguruan tinggi dapat disetarakan dengan model bisnis jasa. Kepuasan stakeholder (mahasiswa, dosen, staf, pengelola) juga menjadi ukuran keberhasilannya. Atribut jasa pendidikan di perguruan tinggi ditawarkan dalam bentuk program studi yang pengelolaannya dilakukan dibawah jurusan. Jumlah program studi sangat banyak dan beraneka ragam, tetapi berdasarkan bidang ilmu, antara lain bidang Ekonomi, Teknik, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Sastra dan Bahasa, Pendidikan, Agama dan Seni. Usaha yang dilakukan penyelenggara jasa pendidikan ini ditujukan untuk pencapaian loyalitas konsumen. Loyalitas konsumen memiliki peranan penting dalam sebuah perusahaan, mempertahankan mereka berarti meningkatkan kinerja keuangan dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, hal ini yang menjadi alasan utama bagi sebuah perusahaan untuk menarik dan mempertahankan mereka. Segala pengorbanan yang dikeluarkan oleh mahasiswa berupa uang untuk membayar segala biaya pendidikan, waktu yang dihabiskan yang dapat dihitung sebagai opportunity cost, dan jerih payah mereka mengikuti perkuliahan, harus di imbangi oleh layanan yang diberikan PTS hal ini sematamata untuk mencapai loyalitas mahasiswa dimasa yang akan datang. Kepuasan mahasiswa manajemen S1 dan D3 terhadap atribut jasa pendidikan di Univesitas Widyatama dapat dikatakan puas. Hal ini Nampak dari tanggapan responden mengenai pelayanan yang diberikan oleh Universitas Widyatama sudah sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Selain itu juga mahasiswa manajemen meresa puas menuntut ilmu di Universitas Widyatama. Mahasiswa Manajemen S1 dan D3 Universitas Widyatama dapat dikatakan mempunyai loyalitas yang tinggi, dimana terlihat dari tanggapan responden yang bersedia melakukan regitrasi ulang, tidak akan melakukan cuti akademik kecuali dalam kondisi tertentu, menolak untuk pindak ke Universitas swasta lain dan bersedia merekomendasikan Universitas Widyatama pada pihak lain. Atribut jasa pendidikan secara bersama-sama mempengaruhi kepuasan dan loyalitas mahasiswa manajemen di Universitas Widyatama, namun berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, dari tiga variable yang ada, ternyata hanya ada dua variable yang memberikan pengaruh signifikan untuk membangun kepuasan dan loyalitas mahasiswa manajemen, yaitu variable pelayanan dan program studi. Jika dilihat dari hasil perhitungan koefisien jalur, untuk variable pelayanan didapat nilai koefisien jalur sebesar 0.704 Yang artinya variable mempengaruhi kepuasan dan loyalitas sebesar 70,4 %, dan untuk variable program studi didapat nilai koefisien jalur sebesar 0.129 Yang artinya variable program studi mempengaruhi kepuasan dan loyalitas sebesar 12.9%.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2552
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 11.63Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 37.47Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 118.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 202.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 42.51Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 30.92Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record