PERANAN MODAL KERJA, LIKUIDITAS, TOTAL ASSETS TURNOVER DAN LEVERAGE RATIO DALAM MENGOPTIMALKAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN PADA INDUSTRI AUTOMOTIVE AND ALLIED PRODUCT (2003-2007)

Widyatama Repository

PERANAN MODAL KERJA, LIKUIDITAS, TOTAL ASSETS TURNOVER DAN LEVERAGE RATIO DALAM MENGOPTIMALKAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN PADA INDUSTRI AUTOMOTIVE AND ALLIED PRODUCT (2003-2007)

Show full item record

Title: PERANAN MODAL KERJA, LIKUIDITAS, TOTAL ASSETS TURNOVER DAN LEVERAGE RATIO DALAM MENGOPTIMALKAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN PADA INDUSTRI AUTOMOTIVE AND ALLIED PRODUCT (2003-2007)
Author: Ardini, Hera
Abstract: Indikator adanya manajemen modal kerja yang baik adalah adanya efisiensi modal kerja. Makin pendek periode perputaran modal kerja, makin cepat perputarannya sehingga perputaran modal kerja makin tinggi dan perusahaan makin efisien yang pada akhirnya profitabilitas meningkat. Maka hal tersebut akan mempengaruhi pula terhadap percepatan perputaran dana pada Total Assets Turnover. Selain masalah tersebut diatas perusahaan juga dihadapkan pada masalah penentuan sumber dana. Jika perusahaan menggunakan lebih banyak hutang dibanding modal sendiri maka tingkat leverage akan menurun karena beban bunga yang harus di tanggung juga meningkat. Hal ini akan berdampak terhadap menurunnya profitabilitas. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana dan seberapa besar peranan modal kerja, likuiditas, Total Asset Turnover, dan Leverage Ratio dalam mengoptimalkan profitabilitas perusahaan baik secara parsial maupun simultan pada perusahaan-perusahaan industri Automotive and Allied Product periode 2003-2007. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan metode verifikatif. Alat analisis statistik yang digunakan berupa uji asumsi klasik, regresi berganda, korelasi dan koefisien determinasi. Penulis menggunakan uji F untuk hipotesis simultan dan uji t untuk hipotesis parsial yang pengolahannya dilakukan dengan bantuan program SPSS 16.0. Data diperoleh melalui Indonesian Capital Market Directory periode 2003-2007. Terdapat Populasi sebanyak 18 perusahaan dan sampel sebanyak 16 perusahaan yang selalu listing selama periode penelitian. Berdasarkan hasil pengolahan data secara simultan diperoleh bahwa variabel modal kerja, likuiditas, Total Asset Turnover, dan Leverage Ratio memiliki peranan yang positif dengan profitabilitas industri Automotive and Allied Product dengan keeratan kurang kuat, serta diperoleh koefisien determinasi sebesar 18,8% artinya modal kerja, likuiditas, Total Asset Turnover, dan Leverage Ratio berperan dalam mengoptimalkan profitabilitas sebesar, 18,8% dan sisanya sebesar 81,2% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan tingkat signifikansi 5% (a=0.05) hasil uji F, modal kerja (X1), likuiditas (X2), Total Asset Turnover (X3), dan Leverage Ratio (X4) dalam mengoptimalkan profitabilitas (Y) berperan secara signifikan, karena nilai Fhitung (4,844) > Ftabel (3,34), artinya Fhitung berada di daerah penolakan Ho yang menunjukkan bahwa modal kerja, likuiditas, Total Asset Turnover, dan Leverage Ratio secara simultan berperan secara signifikan dalam mengoptimalkan profitabilitas (Y). Berdasarkan hasil uji t untuk X1, X2, X3, X4 terhadap Y diperoleh thitung (2,470;2,014 ;2,399 ;2,206) > ttabel (2,000) sehingga thitung berada di daerah penolakan Ho berarti modal kerja, likuiditas, Total Asset Turnover, dan Leverage Ratio secara parsial berperan secara signifikan dalam mengoptimalkan profitabilitas(Y).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2551
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 42.02Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 36.87Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 149.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 468.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 83.83Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 30.38Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record