PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. MOONLIGHT CONSTRUCTION DIVISION

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. MOONLIGHT CONSTRUCTION DIVISION

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. MOONLIGHT CONSTRUCTION DIVISION
Author: Mulyadi, Hanny Oktaviani
Abstract: Perkembangan dunia usaha yang demikian pesat telah menimbulkan kehati-hatian setiap perusahaan sebagai suatu organisasi dalam memasarkan produknya, dimana kondisi pasar yang ada saat ini penuh dengan aneka macam produk yang ditawarkan dan juga strategi promosi yang inovatif. Dengan memperhatikan perubahan yang terjadi di pasar atau bahkan di tingkat konsumen individual itulah, sebuah perusahaan harus bisa mengambil keputusan yang cepat dan tepat mengenai strategi promosi atas produk yang ditawarkan. Dari sekian banyak perusahaan konstruksi yang ada di kota Bandung, banyak hal yang menjadi bahan pertimbangan konsumen untuk sampai pada keputusan memilih perusahaan tertentu. Untuk itu pihak manajemen perusahaan berusaha untuk memenuhi semua kriteria yang menjadi bahan pertimbangan konsumen, baik produknya sendiri maupun jasa pelayanannya, sehingga dapat memberikan kepuasan bagi konsumen. Karena jika hal tersebut diabaikan, maka akan terjadi kesenjangan antara keinginan (harapan) konsumen dengan pelayanan yang ada di PT. Moonlight Construction Division. Berdasarkan hasil penelitian, tanggapan pelanggan mengenai kualitas pelayanan, dapat dikatakan baik bahwa sebagian besar responden menjawab setuju,. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata keseluruhan pernyataan adalah 3,84 yang berada pada interval 3,40 - 4,19. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian yaitu kemudahan dalam proses pembayaran, kejelasan informasi, menanggapi keluhan konsumen, pengetahuan dan kemampuan karyawan, tanggung jawab, perhatian karyawan dan kenyamanan ruangan karena nilainya di bawah rata-rata. Tanggapan mengenai kepuasan konsumen, dapat dikatakan tinggi. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata keseluruhan pernyataan adalah 3,99 yang berada pada interval 3,40 4,19. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian yaitu perusahaan melakukan survey secara berkala kepada konsumen, perusahaan menanggapi keluhan pelanggan sesuai dengan harapan konsumen, perusahaan menghubungi pelanggan yang telah beralih ke perusahaan lain.dan perusahaan menginformasikan produk baru kepada konsumen, karena nilainya di bawah rata-rata. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Moonlight berdasarkan hasil pengujian koefisien korelasi rank spearman diperoleh nilai sebesar 0,537 yang menunjukan hubungan yang sedang antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen. Besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen sebesar 28,83%. Sedangkan sisanya 71,17% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian misalkan harga, promosi, saluran distribusi. Berdasarkan analisis uji hipotesis, didapat thitung sebesar 3,37 dan ttabel sebesar 1,313 dengan tingkat kekeliruan 5%. Ini menunjukan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel, ini berarti terdapat pengaruh positif antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen. Jadi hipotesis yang penulis ajukan pada bab I, yaitu : Semakin tinggi kualitas pelayanan yang diberikan, maka kepuasan konsumen akan semakin meningkat . dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2550
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 36.87Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 38.22Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 78.73Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 194.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 38.88Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 27.84Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record