PENGARUH KUALITAS JASA SMS BANKING TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK DANAMON CABANG ASIA AFRIKA

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS JASA SMS BANKING TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK DANAMON CABANG ASIA AFRIKA

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS JASA SMS BANKING TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK DANAMON CABANG ASIA AFRIKA
Author: Rachman, Firman Setia
Abstract: Bank DANAMON merupakan salah satu bank yang memanfaatkan fasilitas sms yang terdapat dalam telepon mobile guna memberikan satu kemudahan kepada nasabah dan merupakan suatu ciri tersendiri. Fasilitas tersebut mempunyai keunggulan, dari sisi biaya tarif sms lebih murah dari percakapan biasa. Bank DANAMON menamakan produk layanan perbankan mereka dengan nama sms banking DANAMON 3300. Dalam penelitian ini penulis mengambil judul Pengaruh Kualitas Jasa SMS Banking Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Danamon Cabang Asia Afrika. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui fasilitas yang ditawarkan dalam layanan SMS Banking DANAMON lalu tanggapan nasabah terhadap kualitas jasa SMS Banking DANAMON dan pengaruh kualitas jasa SMS banking terhadap loyalitas nasabah. Dari hasil penelitian bahwa fasilitas layanan SMS Banking Danamon menggunakan sistim sms manual (SMS Plain). Informasi Saldo, sms Transfer, sms Payment yaitu pembayaran kartu kredit/tagihan telepon seluler (Kartu Halo, Matrix & IM3), sms Prepaid : Isi Ulang Pulsa (simPATI, Mentari, IM3 & XL) dan sms Admin atau Penggantian PIN. Tanggapan nasabah terhadap kualitas jasa layanan SMS Banking Danamon, Kualitas jasa layanan SMS Banking Danamon, yaitu sebesar 3,84. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas jasa layanan SMS Banking Danamon dapat dikatakan baik. Loyalitas nasabah terhadap layanan SMS Banking Danamon, nilai rata-rata keseluruhan yaitu sebesar 3,91 yang berarti bahwa loyalitas nasabah tinggi, karena berada pada interval 3,40-4,19. Pengaruh SMS Banking terhadap loyalitas nasabah Bank Danamon berdasarkan hasil diperoleh nilai rs sebesar 0,575 (termasuk interval 0,40-0,50) sehingga menunjukan hubungan yang cukup kuat atau sedang artinya jika kualitas jasa layanan SMS Banking Danamon baik, maka hubungan kualitas jasa layanan SMS Banking Danamon dengan loyalitas nasabah akan tinggi. Hasil uji koefisien determinasi bahwa kualitas jasa layanan SMS Banking Danamon, mempengaruhi loyalitas nasabah sebesar 33,06%, sedangkan sisanya sebesar 66,94% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Sedangkan hasil uji hipotesis nilai t hitung 6,957 lebih besar dari t tabel = 1,663, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Ini berarti hipotesis yang diajukan, yaitu : Kualitas jasa SMS Banking mempunyai pengaruh positif terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Danamon. , dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2546
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 11.45Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 33.18Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 100.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 236.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 46.90Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 31.25Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record