PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. ESKA WISNUTARA TOURS & TRAVEL

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. ESKA WISNUTARA TOURS & TRAVEL

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. ESKA WISNUTARA TOURS & TRAVEL
Author: Rukmita, Farid
Abstract: Jasa merupakan aktifitas, manfaat, atau kepuasan yang ditawarkan untuk dijual. Agar bisnis jasa dapat berkembang dengan pesat, perusahaan harus mampu memberikan kualitas jasa yang lebih baik dibandingkan perusahaan pesaing yang bergerak di bidang yang sama. Selain itu, perusahaan harus mampu memberikan jasa yang berkualitas, sehingga konsumen merasa puas dan tetap loyal pada perusahaan. Penulis melakukan penelitian di PT. Eska Wisnutara Tours & Travel dengan judul: Pengaruh Kualitas Jasa terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Eska Wisnutara Tours & Travel . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan PT. Eska Wisnutara Tours & Travel dalam penyampaian kualitas jasa kepada konsumen, tanggapan konsumen mengenai kualitas jasa pada PT. Eska Wisnutara Tours & Travel dan pengaruh kualitas jasa yang diberikan oleh PT. Eska Wisnutara Tours & Travel terhadap kepuasan konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Tujuan dari penelitian deskriptif adalah untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Tekhnik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah penelitian lapangan guna memperoleh data primer dengan wawancara, observasi dan penyebaran kuesioner yang dibagikan kepada 50 responden, serta penelitian kepustakaan guna memperoleh data sekunder. Kebijakan tentang kualitas jasa PT. Eska Wisnutara Tours & Travel dalam penyampaian kualitas jasa kepada konsumen antara lain kemudahan proses pembayaran, kejelasan informasi yang disampaikan karyawan dan lain-lain. Dari hasil analisis tanggapan konsumen secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa tanggapan konsumen terhadap kualitas jasa yang diberikan oleh PT. Eska Wisnutara Tours & Travel sebesar 3,92 yang berarti bahwa konsumen menganggap baik atas kualitas jasa yang diberikan PT. Eska Wisnutara. Sedangkan dari analisis kepuasan konsumen adalah sebesar 4,00 yang berarti bahwa kualitas jasa yang diberikan oleh PT. Eska Wisnutara dapat memuaskan konsumen. Hasil analisis koefisien korelasi Rank Spearman (rs) yang ditujukan untuk mengetahui keeratan hubungan antara kualitas jasa PT. Eska Wisnutara dengan kepuasan konsumen, menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat. Hal ini dapat dilihat dari nilai rs sebesar 0,754. yang berada pada interval 0.60 0.799. Hasil koefisien determinasi (Kd) sebesar 56,85%, dapat disimpulkan bahwa kepuasan konsumen pada PT. Eska Wisnutara dipengaruhi oleh kualitas jasa sebesar 56,85%. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 43,15% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Sedangkan berdasarkan analisis uji hipotesis dengan menggunakan distribusi t, diperoleh hasil t hitung > t tabel = 7,95 > 1,6788, dengan demikian kualitas jasa mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dan hipotesis yang diajukan yaitu kualitas jasa memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2543
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 27.26Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 38.13Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 82.37Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 234.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 41.84Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 30.31Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record