PENGARUH EVENT SPONSORSHIP ACARA LA. LIGHTS INDIEFEST TERHADAP BRAND IMAGE LA. LIGHTS PADA PT. DJARUM DI BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH EVENT SPONSORSHIP ACARA LA. LIGHTS INDIEFEST TERHADAP BRAND IMAGE LA. LIGHTS PADA PT. DJARUM DI BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH EVENT SPONSORSHIP ACARA LA. LIGHTS INDIEFEST TERHADAP BRAND IMAGE LA. LIGHTS PADA PT. DJARUM DI BANDUNG
Author: Amijaya, Fardiman Suria
Abstract: Rokok merupakan salah satu produk yang memiliki keterbatasan dalam berpromosi. Berbagai pembatasan media komunikasi dilakukan pemerintah melalui PP No.81/1999, seperti kegiatan promosi yang secara langsung menunjukkan batang rokok, jam tayang iklan audio-visual serta ajakan langsung untuk membeli rokok pada konsumen akhir. Hal ini tentu membatasi produsen rokok dalam melakukan promo produk. Karena berbagai pembatasan tersebut maka perusahaan-perusahaan rokok di Indonesia berusaha memfokuskan strategi lain dalam mengkomunikasikan atau mempromosikan produknya kepada konsumen. Salah satu bentuk promosi utama yang mereka tekankan adalah melalui event marketing dengan cara mensponsori special event (acara tertentu) yang disebut dengan event sponsorship. Dalam event sponsorship, perusahaan akan berusaha untuk mengikatkan hubungan emosional antara target audience dengan merek yang mensponsori acara tersebut. Hal ini terjadi karena para event attendance yang hadir, memiliki minat yang besar terhadap jenis event yang diadakan. Dengan menunjukkan eksistensi brand mereka melalui media-media alat promosi seperti umbul-umbul, booth, banner-up, banner-x, rotating banner, back-drop, neon box serta mediamedia lainnya, merek akan mempertegas brand character-nya dengan gaya hidup para event attendance sehingga terjadi hubungan emosional (emotional touch) yang kuat serta bertujuan untuk mempengaruhi psikologi mereka terhadap persepsi brand image produk sponsor selama acara berlangsung. Judul yang diambil pada penelitian ini adalah Pengaruh Event Sponsorship Acara LA. Lights Indiefest Terhadap Brand Image Produk LA. Lights Pada PT. Djarum di Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan para event attendance dari acara LA. Lights Indiefest 2010 terhadap acara tersebut dan bagaimana brand image produk LA. Lights dengan adanya acara tersebut serta untuk mengetahui sebesar apa pengaruh event sponsorship acara LA. Lights Indiefest terhadap brand image produk yang bersangkutan. Pada penulisan ini terdapat dua jenis variabel penelitian. Variabel pertama adalah event sponsorship LA. Lights Indiefest yang bertindak sebagai variabel bebas (independent variable) dan brand image produk LA. Lights sebagai variabel terikat (dependent variable). Adapun data yang diperoleh yang kemudian diolah menjadi informasi terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan melalui para responden dan wawancara langsung terhadap pihak-pihak lainnya yang memiliki relevansi dengan permasalahan yang dibahas. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan seperti buku-buku, internet browsing serta artikel-artikel lainnya berupa data-data teoritis yang memiliki kaitan dengan topik penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode deskriptif dan dalam pengambilan sampel digunakan cara simple random sampling (sampel acak sederhana) serta semua data bersifat ordinal. Para responden adalah penonton (audience) dan peserta (talent) dari acara LA. Lights Indiefest 2010 yang diselenggarkan pada tanggal 7 Agustus 2010 di Union Square, Cihampelas Walk (Ciwalk), Jalan Cihampelas No.160 Bandung, dengan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 50 responden. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan (korelasi) antar kedua variabel adalah korelasi Rank Spearman (rs) dan koefisien determinasi (kd) digunakan untuk mengetahui besarnya pengaruh event sponsorship acara LA. Lights Indiefest terhadap brand image produk LA. Lights pada PT. Djarum di Bandung serta pengujian hipotesis menggunakan statistik uji t ( = 0,05). Sebelum melakukan pencarian hubungan dan pengaruh dari kedua variabel melalui data kuesioner, peneliti melakukan pengujian dari keasahihan (validitas) dari setiap butir pertanyaan pada instrumen penelitian (kuesioner) dan keandalannya (reliabilitas) dengan rumus Spearman Brown teknik ganjil-genap dan Product Moment ( = 0,05). Dari uji validitas dan uji reliabilitasnya yang dilakukan peneliti, menunjukkan bahwa seluruh butir pernyataan pada instrumen penelitian adalah valid dan reliabel dengan reliabilitas sebesar 0,909 karena semuanya lebih besar dari r tabel Product Moment (0,279). Hasil pengolahan data primer dari responden menunjukkan bahwa event sponsorship acara LA. Lights Indiefest memiliki hubungan yang kuat dan searah (positif) terhadap brand image produk LA. Lights pada PT. Djarum di Bandung, hal ini dapat dilihat dari besarnya nilai rs sebesar 0,669 (rs = 0,669). Kemudian hasil dari analisis koefisien determinasi (kd) menunjukkan bahwa pengaruh event sponsorship acara LA. Lights Indiefest terhadap brand image produk LA. Lights adalah sebesar 44,75% dan sisanya sebesar 55,25% dipengaruhi oleh faktor lainnya selain event sponsorship LA. Lights Indiefest. Sedangkan Pengujian hipotesis dengan tingkat kekeliruan sebesar 5% dan degree of freedom (df) sebesar 48, didapatkan thitung sebesar 6,237 dan ttabel sebesar 1,678. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel, dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulannya, hipotesis yang penulis ajukan yaitu Terdapat pengaruh positif dari event sponsorship acara L.A. Lights Indiefest terhadap brand image (citra produk) produk L.A. Lights pada PT. Djarum , dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2542
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 14.69Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 49.04Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 170.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 381.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 80.55Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 40.32Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record